PELAKSANAAN PENDIDIKAN DASAR PERBANKAN SYARIAH (PDPS) (STUDI MULTI KASUS DI BANK BRI SYARIAH DAN BANK MUAMALAT KENDARI)

Qudrah, NIM. 18040201005, Q (2022) PELAKSANAAN PENDIDIKAN DASAR PERBANKAN SYARIAH (PDPS) (STUDI MULTI KASUS DI BANK BRI SYARIAH DAN BANK MUAMALAT KENDARI). Masters thesis, PASCASARJANA IAIN KENDARI.

[img] Text
1 CAVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB 1.pdf

Download (458kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (716kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf

Download (935kB)

Abstract

ABSTRAK Qudrah, NIM. 18040201005 “Pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah (PDPS) (Studi Multi Kasus di Bank BRI Syariah dan Bank Muamalat Indonesia Kendari)”, Dibimbing Oleh (Dr. H. Nur Alim, M. Pd, Sebagai Pembimbing I dan Dr. Husain Insawan, M.Ag Sebagai Pembimbing II). Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah (PDPS) di Bank BRI Syariah Kendari, (2) Mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah (PDPS) di Bank Muamalat Indonesia Kendari, (3) Mendeskripsikan dan menganalisis persamaan dan perbedaan pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah (PDPS) di Bank BRI Syariah dan Bank Muamalat Indonesia Kendari. Jenis penelitina yang dignakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data denga cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah di bank BRI syariah Kendari dilaksanaan selama dua hari dalam bentuk training yang dilaksanakan setiap tahun dengan materi tentang dasar-dasar perbankan syariah dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada karyawan dan sebagai syarat untuk menjadi karyawan tetap yang dibuktikan dengan sertifikat penghargaan. (2) Pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah (PDPS) di Bank Muamalat Kendari, dilaksanakan dua kali dalam setahun dengan materi tentang dasar-dasar perbankan syariah, pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah dilakukan dalam bentuk secara langsung dan secara online, pendidikan dasar perbankan syariah diikuti bagi mereka yang sudah berstatus sebagai karyawan di bank mualamat Indonesia Kendari. (3) Persamaan dan perbedaan pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah (PDPS) di Bank BRI Syariah dengan Bank Muamalat Kendari. Persamaan pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah (PDPS) di Bank BRI Syariah Kendari dan Bank Muamalat Kendari yaitu 1) sama-sama menggunakan prinsip syariah Islam, 2) Materi yang disampaikan dalam pendidikan dasar perbankan syariah materi tentang dasar-dasar perbankan syariah, 3) memberikan sertifikat penghargaan kepada karyawan. Sedangkan perbedaan pelaksanaan pendidikan dasar perbankan syariah (PDPS) di Bank BRI Syariah dan Bank Muamalat Indonesia Kendari yaitu 1) Bank BRI Syariah Kendari dilaksanakan hanya sekali dalam satu tahun sedangkan Bank Muamalat Indonesia Kendari dilaksanakan dalam dua kali dalam setahun. 2) Bentuk pelaksanaan PDPS di Bank BRI Syariah Kendari dilakukan dengan cara training dengan metode ceramah, tanya jawab dan latihan sedangkan bank muamalat Indonesia Kendari dilakukan secara langsung dan online, 3) PDPS di Bank BRI Syariah Kendari sebagai syarat untuk menjadi karyawan tetap sedangkan bank mualamat Kendari tidak dijadikan sebagai syarat untuk menjadi karyawan tetap. ABSTRACT Qudrah, NIM. 18040201005 "Implementation of basic education in Islamic banking (PDPS) (Multi Case Study at BRI Syariah Bank Kendari and Bank Muamalat Kendari)", Supervised by (Prof. Dr. H. Nur Alim, M. Pd, As Counselors I and Dr. Husain Insawan, M.Ag as Advisor II) The objectives of this study are (1) Describe and analyze the implementation of Islamic banking basic education (PDPS) at BRI Syariah Syariah Bank, (2) Know and analyze the implementation of Islamic banking basic education (PDPS) at Muamalat Bank in Kendari, (3) Describe and analyze similarities and differences in the implementation of Islamic banking basic education (PDPS) at the BRI Syariah Bank in Kendari and Bank Muamalat in Kendari. The type of research used is qualitative descriptive, data collection techniques by means of observation, interviews and documentation. The data obtained is processed by data reduction, data display and data verification. From the results of the study note that (1) The implementation of basic education in Islamic banking in BRI sharia bank Kendari can run well which is carried out for two days in the form of training conducted every year with material about the basics of Islamic banking with the aim of providing basic knowledge to employees and as a condition to become a permanent employee as evidenced by a certificate of appreciation. (2) The implementation of Islamic banking basic education (PDPS) at Bank Muamalat Kendari, is held twice a year with material about the principles of Islamic banking, the implementation of Islamic banking basic education is carried out in direct and online form, the basic education of Islamic banking is followed for those who are already employees of the Mualamat Kendari bank. (3) Similarities and differences in the implementation of Islamic banking basic education (PDPS) at the BRI Syariah Bank in Kendari with Bank Muamalat Kendari. The similarities in the implementation of Islamic banking basic education (PDPS) at the BRI Syariah Bank in Kendari and Bank Muamalat Kendari namely 1) using Islamic sharia principles, 2) material delivered in basic Islamic banking education material about the basics of Islamic banking, 3) provide certificates of appreciation to employees. While the differences in the implementation of Islamic banking basic education (PDPS) at the BRI Syariah Syariah Bank in Kendari and Muamalat Kendari namely 1) BRI Syariah Syariah Kendari is held only once a year while the Bank Muamalat Kendari is carried out twice a year. 2) The form of PDPS implementation at BRI Syariah Bank in Kendari is done by way of training while the muamalat bank Kendari is done directly and online, 3) PDPS at BRI Syariah Bank in Kendari as a condition to become permanent employees while the mualamat bank though being not used as a requirement to become permanent employees. ،ِسذق ثحبلا صخلم ةد ( تٍعششنا تٍف شصًنا ًسبسلأا ىٍهعخنا زٍفُح " ، ١٠٠٥٠٢٠١٠٠٥ ّذعخي تنبح تساسد كُب ًف فششًنا ،")يساذُك ًف ،ىنبع سَٕ جبحنا سٕخكذنا ربخسلأا :ل تٍسٍَٔذَلإا ثلايبعًنا كُبٔ تٍعششناتٍسٍَٔذَلإا ت ٍّعشنا ٌأبسَإ ٍٍسح سٕخكذنا :ًَبثنا فششًنا ّٔلأا كُب ًف تٍعششنا تٍف شصًنا ًسبسلأا ىٍهعخنازٍفُح تٍفٍك مٍهحخنأ فصٕنا ) 1 ( ىنإ ثحبنا ازْ فذٌٓ ًسبسلأا ىٍهعخنازٍفُح تٍفٍك مٍهحخنأ تفشعًنا ) شصًنا 2 ( ، ًعششنا تٍسٍَٔذَلإا ت ٍّعشنا ّخٔأ مٍهحخنأ فصٕنا ) فلاخخلاأ ّببشخنا 3 ( ،يساذُك تٍسٍَٔذَلإا ثلايبعًنا كُب ًف تٍعششنا تٍف .يساذُك ًف تٍسٍَٔذَلإا ثلايبعًنأتٍعششنا تٍسٍَٔذَلإا ت ٍّعشنا كُب ًفتٍعششنا تٍف شصًنا ًسبسلأا ىٍهعخنا زٍفُح ًف ،تظحلاًنا قٌشط ٍع ثبَبٍبنا عًخٔ ،ًفٍكنا ًفصٕنا حًُٓنا ثحبنا ازْ وذخخسٌ ٔ .تبٕخكًنا قئبثٕنأ ،تهببقًنأ ثبَبٍبنا ضشعٔ .ثبَبٍبنا ٍي ققحخنأ ،ثبَبٍبنا مٍهقح قٌشط ٍع ثبَبٍبنا مٍهحح ىح ًسبسلأا ىٍهعخنا زٍفُح ٌٕكٌ ٌأ ٍكًٌ ) ةذًن ىحٔ ذٍخ مكشب يشدٌ يساذُكتٍعششنا تٍسٍَٔذَلإا تٍعشنا كُب ًف تعٌششهن تٍفشصًنا ٍفشصًنا ثبٍسبسأ لٕح دإًب ب 1 ( ًْ ثحبنا ازٓن تًًٓنا حئبخُنا ٍئ تٍعششنا ت ٍي كنر حض ًٌُٕس ِؤاشخإ ىخٌ يزنا بٌسذخنا مكش ًف ٍٍيٌٕ ّحأ ٍٍٍقٍقح ٍٍفظٕي إحبصٍن طششك ٍٍفظًٕهن تٍسبسلأا تفشعًنا شٍفٕح فذٓب ( .ةزئبدنا ةدبٓش ثلايبعًنا تٍسٍَٔذَلإا كُب ًف تٍعششنا تٍف شصًنا ًسبسلأا ىٍهعخنازٍفُح ذقعٌ ) 2 ىخٌٔ ،تٍيلاسلإا تٍفشصًنا ثبٍسبسأ ٍع دإي عي تُسنا ًف ٍٍحشي يساذُك ٍهعخنازٍفُح ىٍهعخنا عبخٌٔ ،جَشخَلإا شبعٔ ششببي مكش ًف كُب ًف ٌٕهًعٌ ٌٍزنا كئنٔلأ تٍعششناتٍفشصًنا ًسبسلأا تٍعششنا تٍف شصًنا ًسبسلأا ى 3 ) شصًنا ًسبسلأا ىٍهعخنازٍفُح ًف فلاخخلاأ تببشخنا ّخٔأ .يساذُك تٍسٍَٔذَلإا ثلايبعًنا ت ٍّعشنا تٍعششنا تٍسٍَٔذَلإا كُب ًفتٍعششنا تٍف 1 ) ،تٍيلاسلإا تعٌششنا ئدببي واذخخسا :بُٓي بًٍُٓب ّببشخنا ّخٔأ ٍئ .يساذُك ًف تٍسٍَٔذَلإا ثلا يبعًنأ ًسبسلأا ىٍهعخنا دإي ًف بًٍٓهسح ىح ًخنا دإًنا ،بٓحار دإًنا كهح لٕح تٍعششناتٍفشصًنا 2 ) 3 ٌّأ ٍٍح ًف.ٍٍفظًٕهن شٌذقح ثادبٓش ىٌذقح ) :بُٓي بًٍُٓب ثبفلاخخلاا ةذحأ ةشي كُب زٍفُح ىخٌ بًٍُب تُسنا ًف بسحف يساذُك تٍعششنا تٍسٍَٔذَلإا تٍعشنا كُبذ قع ىخٌ ) 1 ىٍهعخنازٍفُح ىخٌ ) شصًنا ًسبسلأا 2 .تُسنا ًف ٍٍحشي تٍسٍَٔذَلإا ثلايبعًنب قٌشط ٍع يساذُك ًفتٍعششنا تٍسٍَٔذَلإا تٍعشنبكُب ًف َلإا ثلايبعًنا كُبنازٍفُح ىخٌ بًٍُب بٌسذخنا تٍعششنا تٍف 3 ) شصًنا ًسبسلأا ىٍهعخنازٍفُح ،جَشخَلإا شبعٔ ةششببي يساذُكتٍسٍَٔذ يساذُك ًفتٍعششنا تٍسٍَٔذَلإا تٍعشنبكُب ًف حبصٍن طششك تٍسٍَٔذَلإا ثلايبعًنا كُب واذخخسا ىخٌ لا بًٍُب بٍقٍقح بفظٕي حبصٍن طششك .ٍٍٍقٍقحنا ٍٍفظًٕنا تٍعششنا تٍف

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:08
Last Modified: 12 Oct 2022 07:08
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item View Item