PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WAKORUMBA SELATAN KABUPATEN MUNA

SITTI RATNA DEWI RAHMATIA, NIM : 11010101076 (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WAKORUMBA SELATAN KABUPATEN MUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (91kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Sitti Ratna Dewi Rahmatia, NIM. 11010101076, Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna. Dibimbing oleh Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si dan Jumardin La Fua, S.Si.,M.Si Skripsi ini membahas masalah perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran koopratif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan tipe Jigsaw pada Siswa kelas X di SMA Negeri 2 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Bagaimana Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, apakah ada perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan tes hasil belajar dengan metode pengolaan data yakni metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian dengan menggunakan data yang berkenaan dengan objek penelitian dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan presentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Wakorumba Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling diambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas X1 sebagai kelas perlakuan A melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan siswa kelas X3 sebagai kelas perlakuan B melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menunjukkan nilai maksimum 97 dan nilai minimum 77 , ( )=86,84, varians (S2)=32,63 dan standar deviasi (S) = 5,38. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menunjukkan nilai maksimum 90 dan nilai minimum 70, rata-rata ( )=78,54, varians (S2)=26,24 dan standar deviasi (S) = 5,04. Pengujian hipotesis digunakan uji-t, dan diperoleh t_hitung = 5,09 > t_tab = 1,68. Maka, hipotesis menolak H_0 atau menerima H_a. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam daripada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Kata Kunci: Hasil belajar Pendidikan Agama Islam, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si dan Jumardin La Fua, S.Si.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Pendidikan Agama Islam, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 10 Oct 2017 01:17
Last Modified: 10 Oct 2017 01:17
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item