Implementasi Pendidikan Akhlakul Karimah Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Ikhlas Baruga

Nurmiati. 17010101108, N (2022) Implementasi Pendidikan Akhlakul Karimah Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Ikhlas Baruga. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Nurmiati. 17010101108. Implementasi Pendidikan Akhlakul Karimah Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Ikhlas Baruga Dibimbing oleh Dr. Muh. Shaleh M.Pd Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak atau disingkat dengan LKSA merupakan pengasuhan alternatif untuk anak yang tidak bisa di asuh oleh keluarga inti, keluarga besar, kerabat, atau keluarga pengganti. Lembaga ini bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada anak terlantar khususnya dalam menanamkan pendidikan akhlakul karimah kepada anak asuh sehingga dapat memahami dan mengamalkan akhlakul karimah itu sendiri sesuai dengan yang diharapkan sebagai penerus cita-cita bangsa dan sebagai insan yang turut aktif di dalam bidang pembangunan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field researchyang bersifat kualitatif deskriptif dengan mengambil lokasi di LKSA Al Ikhlas Baruga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Subyek dalam penelitian ketua pengurus, pengasuh, ustadzah dan juga anak asuh. Sedangkan objek penelitiannya adalah Implementasi Pendidikan Akhlakul Karimah di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Ikhlas Baruga. Analisis data yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan akhlakul karimah di LKSA Al Ikhlas Baruga yaitu melalui pembinaan mental spiritual/keagamaan, fisik, sosial, keterampilan, bimbingan belajar dan pembiasaan sholat 5 waktu berjama’ah, kegiatan majlis doa anak yatim “asmaul husna”, pengajaran baca tulis al–Qur’an, Hafalan surat-surat pendek, Dzikir bersama setiap malam jum’at, Ro’an (Kerja bakti). Sedangkan metode yang digunakan dalam membentuk akhlakul karimah anak asuh di lembaga ini adalah sebagai berikut : a. Metode keteladanan, b. Metode pembiasaan, c. Metode hukuman, d. Metode ceramah. Dari beberapa upaya dan usaha yang dilakukan secara umum memang dapat dirasakan hasilnya bahwa dimana anak asuh sebagian besar telah memiliki akhlak yang baik, antara lain : sopan santun, perilaku hidup bersih, kemandirian, suka menolong (al ta’awun). Kata Kunci :Implementasi, Pendidikan Akhlakul Karimah, LKSA. ABSTRACT Nurmiati. 17010101108. The Implementation of moral education at Al Ikhlas Baruga’s Child Social Welfare Institution is guided by Dr. Muh. Shaleh M.Pd Child social welfare institutions or abbreviated as LKSA are alternative care for children who cannot be cared for by the nuclear family, extended family, relayives, or substitute families. This institution is responsible for providing social welfare services to neglected children, especially in instilling moral education in foster children so that they can understand and practice morality in accordance with what is expected as the successor to the ideals of the nation and as human beings who are actively involved in the field of development national. This research is a qualitative descriptive filed research by taking the location at LKSA Al Ikhlas Baruga. Data collection is done by using observation, interview, and documentation techniques. The subjects in the research were the chairman of the board, caregivers, ustadzah and also foster children. While the object of the research is the implementation of moral education in the children’s social welfare institution Al Ikhlas Baruga. The data analysis used is the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that moral eduction at LKSA Al Ikhlas Baruga is through mental spiritual/religious development, physical, social, skills, learning, guidance and habituation of praying 5 times incongregation, prayer majlis activities for orphans “asmaul husna”, teaching read and write the Qur’an, memorize short latters, dhikr together every Friday night, service work. While the methods used in shaping the morals of foster children in this institution are as follows : a. exemplary method, b. habituation method, c. method of punishment, d. lecture method. From several efforts and efforts made in general, the results can be felt that most of the foster children already have good morals, including : manners, clean living behavior, independence, likes to help. Keywords : Implementation, Moral Education, LKSA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: :Implementasi, Pendidikan Akhlakul Karimah, LKSA.
Uncontrolled Keywords: :Implementasi, Pendidikan Akhlakul Karimah, LKSA.
Subjects: Pendidikan Islam
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:52
Last Modified: 27 Dec 2022 07:52
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4035

Actions (login required)

View Item View Item