POLA INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL ISTIQAMAH AMAMOTU KABUPATEN KOLAKA

RUKMANA YUSUF. 18010101118., R (2022) POLA INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL ISTIQAMAH AMAMOTU KABUPATEN KOLAKA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
RUKMANA YUSUF_COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RUKMANA YUSUF_BAB I_2.pdf

Download (738kB)
[img] Text
RUKMANA YUSUF_BAB II_3.pdf

Download (963kB)
[img] Text
RUKMANA YUSUF_BAB III_4.pdf

Download (759kB)
[img] Text
RUKMANA YUSUF_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text
RUKMANA YUSUF_BAB V_6.pdf

Download (738kB)
[img] Text
RUKMANA YUSUF_DAFTAR PUSTAKA &LAMPIRAN_7.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RUKMANA YUSUF. 18010101118. Pola Interaksi Guru dengan Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Amamotu Kabupaten Kolaka. Dibimbing Oleh: Dr Supriyanto M.Ag&Dra Rahmawati M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang pola interaksi guru dengan siswa dalam meningkatkan hasil belajar fikih di kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Amamotu. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru fikih, dan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Amamotu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Mails & Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan klasifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pola Interaksi Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Amamotu, (2) Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Amamotu, (3) Hasil Belajar Fikih di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Amamotu. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pola interaksi guru dengan siswa dalam meningkatkan hasil belajar fikih di kelas XI berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori. Interaksi berlangsung dengan situasi yang menyenangkan, siswa antusias dalam mengikuti pelajaran. Pola interaksi yang digunakan guru adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktek. Interaksi tidak didominasi oleh guru saja, melainkan terjadi juga umpan balik bagi guru sebagai bentuk interaksi antara guru dengan siswa kemudian ada juga interaksi antara siswa dengan siswa. Siswa saling mengemukakan pendapat, menanggapi pendapat siswa lain dan menjawab pertanyaan.(2) Faktor yang mempengaruhi pola interaksi guru dengan siswa dalam meningkatkan hasil belajar fikih di kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Amamotu adalah: (a) faktor pendukung yaitu komponen pembelajaran itu sendiri antara lain: guru, siswa, materi pelajaran, media pembelajaran dan sarana prasarana. (b) faktor penghambatnya adalah karakteristik siswa yang berbeda-beda, materi yang disampaikan kurang dipahami dan adanya rasa malu untuk bertanya, jumlah waktu pelajaran dan suasana belajar. (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih setelah pelaksanaan pola interaksi tersebut antara lain secara kognitif siswa lebih mudah memahami materi pelajaran, secara afektif siswa lebih aktif dan antusias dalam mengikuti materi pelajaran sedangkan secara psikomotorik siswa mampu mempraktekkan materi pelajaran yang diajarkan guru dengan baik dan benar. Kata Kunci: Pola interaksi, Guru, Siswa, Hasil Belajar,Fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pola interaksi, Guru, Siswa, Hasil Belajar,Fikih.
Uncontrolled Keywords: Pola interaksi, Guru, Siswa, Hasil Belajar,Fikih.
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Dec 2022 00:59
Last Modified: 28 Dec 2022 00:59
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4038

Actions (login required)

View Item View Item