EFEKTIFITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs N 3 BUTON TENGAH

Amiluddin Nur Purnama. NIM 18010110047., A (2023) EFEKTIFITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs N 3 BUTON TENGAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Amiluddin Nur Purnama. NIM 18010110047. Efektifitas Pendekatan Realisthic Mathematic Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs N 3 Buton Tengah. Dibimbing oleh : Imaludin Agus, M.Pd dan Halistin, M.Si Pendekatan yang dapat dilakukan guru matematika dalam mengajar guna meningkatkan hasil belajar matematika salah satunya adalah pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang menggunakan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII MTs N 3 Buton Tengah yang diajar menggunakan pendekatan RME. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII MTs N 3 Buton Tengah yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. 3) Untuk mengetahui Efektifitas penerapan pendekatan RME dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs N 3 Buton Tengah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan VII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar matematika dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan penelitian ini yaitu dengan memberikn pretest sebelum dilakukannya treatment atau perlakuan berupa pendekatan RME dan posttest setelah dilakukannya treatment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada pretest memiliki memiliki nilai rata-rata 2,87 dan pada posttest memiliki nilai rata-rata 65,96. 2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran langsung pada pretest memiliki memiliki nilai rata-rata 2,32 pada posttest memiliki nilai rata-rata 38,84. 3) Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada pembelajaran matematika lebih efektif daripada pembelajaran langsung dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Realistic Mathematic Education; Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Realistic Mathematic Education; Hasil Belajar Matematika.
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education; Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:16
Last Modified: 02 Jan 2023 01:16
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4078

Actions (login required)

View Item View Item