STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMASARKAN SEKOLAH ALAM KENDARI

Siti Asfiah At-thahirah NIM: 16010103013, S (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMASARKAN SEKOLAH ALAM KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB 1 sripsi yys.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB 2 skirpsi yys.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB 3 skripsi yys.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB 4 skripsi yys.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text
BAB 5 skripsi yys.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (396kB)

Abstract

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMASARKAN SEKOLAH ALAM KENDARI Oleh: Siti Asfiyah At-thahirah NIM. 16010103013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Strategi kepala sekolah dalam memasarkan Sekolah Alam Kendari (2) Motif atau pertimbangan orang tua menyekolahkan anaknya di Sekolah Alam Kendari . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa di Sekolah Alam Kendari. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data, penarikkan kesimpulan/verifikasi, uji keabsahan data melalui triangulasi data (teknik, sumber dan waktu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam memasarkan Sekolah Alam Kendari terdiri dari beberapa item yaitu melalui medsos, sosialisasi spanduk, dalam acara non formal seperti arisan dan pengajian-pengajian, membuat seminar pendidikan, wawancara RRI, sosialisasi ke TK-TK, Membuat kegiatan bermain bersama beberapa Tk untuk menjaring siswa SD. (2) Motif atau pertimbangan orang tua menyekolahkan anaknya di Sekolah Alam Kendari yang tidak lepas dari bauran-bauran pemasaran pendidikan yang sekolah Alam terapkan yaitu product, price, place, promotion, person, dan process. Serta konsep penerapan belajar yang berbeda dengan sekolah pada umumnya yaitu penerapan belajar berbasis alam atau lingkungan sehingga dalam proses belajar siswa merasa lebih fun, dan konsep ini juga cocok untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus (hiperaktif) dimana kondisi ini anak lebih cenderung memiliki prilaku tidak bisa diam. Sekolah alam lebih mengedepankan akhlak dalam setiap pengajarannya, sekolah Alam mengajarkan kemandirian kepada anak sehingga anak-anak mampu mempersiapkan dirinya kelak untuk menghadapi tantangan diluar sekolah dan tangtangan global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:37
Last Modified: 02 Jan 2023 01:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4081

Actions (login required)

View Item View Item