PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP KEPRIBADIAN MURID MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL MUHAJIRIN KENDARI

LUKIAN, NIM. 10010101108 (2015) PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP KEPRIBADIAN MURID MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL MUHAJIRIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Cover.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK LUKIAN, NIM. 10010101108, Judul: Pengaruh Keteladanan Guru terhadap Kepribadian Murid di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Muhajirin Kendari (Dibimbing Oleh: Drs. Amri, M.Th.I dan Nurjannah, S.Kom., M.Pd) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh keteladanan guru terhadap kepribadian murid. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah keteladanan guru pendidikan agama Islam di MIS Al Muhajirin Kendari? 2) Bagaimanakah kepribadian murid di MIS Al Muhajirin Kendari? 3) Apakah terdapat pengaruh keteladanan guru pendidikan agama Islam terhadap kepribadian murid di MIS Al Muhajirin Kendari? Penelitian ini dilaksanakan di MIS Al Muhajirin Kendari. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan mulai bulan April sampai Juni 2015. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Analisis deskriptif data dilakukan dengan cara menghitung rata-rata, menyusun tabel distribusi frekuensi, dan menghitung kriteria/ kategori skor pada masing-masing variabel. Uji normlaitas data menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas data menggunakan uji anava. Perhitungan korelasi dengan rumus product moment, dan perhitungan signifikansi menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Gambaran mengenai keteladanan guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Muhajirin Kendari menunjukan bahwa terdapat 14 orang atau 35% guru yang memliki keteladanan sangat baik, terdapat 26 orang atau 65% guru yang memiliki keteladanan baik, dan tidak terdapat guru yang memiliki keteladanan cukup, kurang, dan kurang sekali. 2) Gambaran mengenai karakter murid di Madrasah Ibtidaiyah Al Muhajirin Kendari menunjukan bahwa terdapat 9 orang atau 22,5% murid yang memliki kepribadian sangat baik, terdapat 29 orang atau 72,5% murid yang memiliki kepribadian baik, terdapat 2 orang atau 5% murid yang memiliki kepribadian cukup, dan tidak terdapat murid yang memiliki kepribadian kurang, dan kurang sekali. 3) Perhitungan korelasi keteladanan guru terhadap kepribadian murid Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Muhajirin adalah dengan rumus product moment diperoleh r hitung = 0,34 termasuk kategori rendah. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa keteladanan guru memberikan kontribusi terhadap kepribadian murid sebesar 11,56% dan sisanya 88,44% ditentukan oleh faktor lain. Uji signifikansi dengan uji t, diperoleh t hitung = 2,22 > t tabel pada α = 0,05 = 1,69 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap kepribadian murid di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Muhajirin Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Amri, M.Th.I dan Nurjannah, S.Kom., M.Pd
Uncontrolled Keywords: KETELADANAN GURU, KEPRIBADIAN MURID
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 11 Oct 2017 00:23
Last Modified: 11 Oct 2017 00:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item