STRATEGI PEMASARAN DEPOSITO MUDHARABAH BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG KENDARI

Amirullah. NIM 17050102077,, A (2023) STRATEGI PEMASARAN DEPOSITO MUDHARABAH BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
5. BAB IV1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
8. LAMPIRA1.pdf

Download (947kB)

Abstract

ABSTRAK Amirullah. NIM 17050102077, Strategi Pemasaran Deposito Mudharabah Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kendari. Dibimbing Oleh : Akmal ME SE, Dan Dr. La Hadisi S. Ag, M. Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Deposito Mudharabah Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kendari. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif field researh. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan terlibat (Participating Observer), wawancara mendalam (In-Depth Interview) dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), klasifikasi data dan verifikasi (Verification), dengan pengujian keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasi penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Bank Muamalat Indonesia dalam memasarkan tabungan Deposito Mudharabah adalah dengan menggunakan strategi pemasaraan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yaitu dengan menggunakan strategi 4P : 1) Produk (Produt) 2) Harga (Price) 3 Tempat (Place) 4) Promosi (Promotion). Bank Muamalat Juga memanfaatkan media online, brosur, mengikuti event, melakukan open table, melakukan kegiatan / sosialisasi Islami, penjualan secara personal yang dilakukan langsung oleh SDM Bank Muamalat. Selain itu, kesimpulan menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Muamalat memiliki dampak positif terhadap peningkatan minat nasabah pada produk deposito mudharabah. Strategi harga adalah strategi yang diandalkan oleh Bank Muamalat dalam memasarkan produk deposito mudharabah dengan kompetitifnya nisbah yang diberikan dan setoran awal yang ringan Pemasaran produk melalui media online, brosur, mengikuti event, open table, kegiatan islami, penjualan secara personal juga memberi pengaruh terhadap peningkatan minat nasabah produk deposito mudharabah. Adapun yang menjadi salah satu pendukung dalam memasarkan produk tabugan deposito Mudharabah yaitu produk tabungan deposito Mudharabah adalah tabungan berjangka dimana tabungan nasabah akan diputar ke sektor produktif kemudian keuntungannya akan dibagi hasilkan dengan nisbah dan waktu yang sudah disepakati. Namun yang masih menjadi hambatan dalam pemasarannya yaitu dimana pemahaman masyarakat yang masih minim terkait dengan perbedaan tabungan Deposito Mudharabah yang ada di Bank Muamalat Kc Kendari dengan tabungan Deposito yang ada pada Bank Konvensional. Kata Kunci : Deposito Mudharabah, Pemasaran. ABSTRACT Amirullah. NIM 17050102077, Marketing Strategy for Mudharabah Deposits at Bank Muamalat Indonesia Kendari Branch Office. Supervised By : Akmal ME SE, And Dr. La Hadisi S. Ag, M. Pd. I This study aims to determine the Marketing Strategy of Mudharabah Deposits at Bank Muamalat Indonesia at the Kendari Branch Office. By using this type of qualitative research field research. The data collection techniques used are Participating Observer, InDepth Interview and documentation. Data analysis techniques used are data reduction (Data Reduction), data presentation (Data Display), data classification and verification (Verification), by testing the validity of the data using source triangulation and technical triangulation techniques. The results of the study show that the marketing strategy used by Bank Muamalat Indonesia in marketing Mudharabah Deposit savings is to use the Marketing Mix marketing strategy, namely by using the 4P strategy: 1) Product (Produt) 2) Price (Price) 3 Places (Place) 4) Promotion (Promotion). Bank Muamalat also utilizes online media, brochures, attending events, conducting open tables, conducting Islamic activities / socialization, personal sales carried out directly by Bank Muamalat HR. In addition, the conclusion shows that the marketing strategy implemented by Bank Muamalat has a positive impact on increasing customer interest in mudharabah deposit products. The pricing strategy is a strategy that is relied on by Bank Muamalat in marketing mudharabah deposit products with a competitive ratio given and a light initial deposit. Marketing of products through online media, brochures, attending events, open tables, Islamic activities, personal selling also has an influence on increasing interest mudharabah deposit product customers. One of the supporters in marketing the Mudharabah deposit savings product is the Mudharabah deposit savings product, which is a time saving where the customer's savings will be turned into the productive sector and the profits will be shared with the agreed ratio and time. However, what is still an obstacle in marketing is where the public's understanding is still minimal related to the difference between Mudharabah Deposit savings in Bank Muamalat Kc Kendari and Deposit savings in Conventional Banks. Keywords: Mudharabah Deposits, Marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Deposito Mudharabah, Pemasaran.
Uncontrolled Keywords: Deposito Mudharabah, Pemasaran.
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:21
Last Modified: 16 Jan 2023 02:21
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item