PENGARUH GAYA KOGNITIF DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs DARUL ULUM AHUHU

Puguh Resmono. NIM. 18010110027, P (2023) PENGARUH GAYA KOGNITIF DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs DARUL ULUM AHUHU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Bagian Awal Skripsi.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh gaya kognitif dan interaksi teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi matematis; (2) untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis; dan (3) untuk mengrtahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi matematis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ahuhu yang berjumlah 116 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel 90 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket, tes GEFT, dan tes essay. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif untuk mendefinisikan karakteristik variabel. Sedangkan analisis inferensial untuk pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, heterokedastisitas, uji autokorelasi, dan uji multikolinearitas, dan uji hipotesis meliputi uji secara simultan dan uji secara parsial. Berdasarkan analisis deskriptif siswa dengan gaya kognitif FD berkemampuan komunikasi matematis kategori sedang sebesar 34,44%, sedangkan siswa dengan gaya kognitif FI berkemampuan komunikasi matematis kategori tinggi sebesar 14,44%. Berdasarkan analisis deskriptif juga diperoleh bahwa siswa dengan interaksi teman sebaya kategori rendah dan sedang berkemampuan komunikasi matematis kategori sedang dimana masing-masing sebesar 13,33% dan 45,56%. Sedangkan siswa dengan interaksi teman sebaya kategori tinggi berkemampuan komunikasi matematis kategori tinggi sebesar 13,33%. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh gaya kognitif dan interaksi teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan signifikansi dan nilai koefisien determinasi atau R sebesar 0,579 yang mengandung atri bahwa gaya kognitif dan interaksi teman sebaya berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 57,9%; (2) terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan signifikansi ; dan (3) terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan signifikansi . 2 Kata kunci: Gaya Kognitif, Interaksi Teman Sebaya, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gaya Kognitif, Interaksi Teman Sebaya, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Uncontrolled Keywords: Gaya Kognitif, Interaksi Teman Sebaya, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:23
Last Modified: 14 Feb 2023 03:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4214

Actions (login required)

View Item View Item