ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL HUDA

Evi Nur Cahyani. NIM.17010110035., E (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL HUDA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (729kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (727kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (910kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (551kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Evi Nur Cahyani. NIM.17010110035. Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Pada Siswa Kelas VII Mts Miftahul Huda. Dibimbing Oleh : Halistin M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada materi perbandingan pada siswa Kelas VII MTs Miftahul Huda. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pemberian tes, wawancara dan dokumentasi. Tes yang diberikan berupa tes tertulis berbentuk soal matematika materi perbandingan berbentuk essai untuk mengetahui jenis kesalahan siswa. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pemberian tes, wawancara dan dokumentasi. Tes yang diberikan berupa tes tertulis berbentuk soal matematika materi perbandingan berbentuk essai untuk mengetahui pemahaman siswa. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil data yang diperoleh peneliti dianalisis oleh peneliti untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa dalam indikator. Adapun indikator pemahaman konsep dari penelitian ini adalah; a)Mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh; b) Menerjemahkan dan menafsirkan makna simbol, tabel, diagram, gambar, serta kalimat matematis; c) Memahami dan menerapkan ide matematis dan d)Membuat suatu eskporasi (perkiraan). Kata Kunci : Analisis Pemahaman Konsep; Perbandingan;Indikator Pemahaman Konsep. ABSTRACT Evi Nur Cahyani. NIM. 17010110035. Analysis of Comparative Concept Understanding in Class VII Students of MTs Miftahul Huda. Supervised by : Halistin M.Si. The purpose of this study is to describe how students in Class VII MTs Miftahul Huda perceive the concept of comparative material. This study had a qualitative approach and was descriptive in nature. Giving exams, interviews, and documentation were used to collect data in this study. The test is in the form of a written test type math about comparison problem in the form of an essay to determine the types of student faults. By decreasing the data, presenting the data, and generating conclusions, the data analysis technique is used. This study had a qualitative approach and was descriptive in nature. Giving exams, interviews, and documentation were used to collect data in this study. To determine students' understanding, the test is provided in the form of a written test in the form of a comparative material in the form of an essay. By decreasing the data, presenting the data, and generating conclusions, the data analysis technique is used. Researchers studied the outcomes of the data collected in order to determine the ability of pupils to understand concepts in indicators. The following are indicators for comprehending the research's concep : a), Identifying and making examples and not examples; b), Translating and interpreting the meaning of symbols, tables, diagrams, pictures, and mathematical sentences; c) Understand and apply mathematical ideas and; d)Make an exploration (estimate). Keywords: Conceptual Understanding Analysis; Comparison; Concept Understanding Indicator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Analisis Pemahaman Konsep; Perbandingan;Indikator Pemahaman Konsep.
Uncontrolled Keywords: Analisis Pemahaman Konsep; Perbandingan;Indikator Pemahaman Konsep.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:34
Last Modified: 14 Feb 2023 06:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item View Item