Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VI SDN 21 Mandonga Kota Kendari Tahun Pelajaran 2012/2013

A l f i z a h r, A.Ma (2013) Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VI SDN 21 Mandonga Kota Kendari Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV dan V.docx

Download (63kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (19kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Alfizar, A.Ma., 2012, “Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VI SDN 21 Mandonga Kota Kendari Tahun Pelajaran 2012/2013.” Skripsi. Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam STAIN Kendari. Dalam dunia pendidikan, kegiatan belajar mengajar adalah salah satu sebab untuk meningkatkan kualitas siswa atau prestasi siswa dalam dua pendidikan. Karena berhasil tidaknya suatu tujuan pendidikan bergantung kepada bagaimana proses belajar mengajar dirancang dan disajikan. Tenaga kependidikan merupakan suatu komponen yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan, yang bertugas menyelenggarakan kegiatan mengajar, melatih, mengembangkan, mengelola dan memberikan pelayanan teknis dalam bidang pendidikan. Salah satu unsur tenaga kependidikan adalah tenaga pengajar yang tugas utamanya adalah mengajar. Adapun fenomena yang terjadi di SDN 21 Mandonga yang mana sistem yang di terapkan dalam metode pembelajaran kurang pas sehingga siswa hasil pembelajaran siswa kurang memuaskan, karena posisi siswa hanya sebagai pendengar dan bertanya. Ketika keadaan seperti ini masih berkelanjut, maka individualitis berkembang tanpa ada hubungan sosial dan kerjasama dalam meraih prestasi. Sehingga kreativitas peserta didik tidak berkembang dengan baik dan bahkan bisa mematikan kreativitas siswa. Untuk menhindari hal – hal tersebut pembelajaran metode tutor sebaya sebagai tawaran alternatif. Model pembelajaran tutor sebaya dapat mengarahkan siswa untuk meningkatkan prestasi, motivasi, kreativitas, imajenatif, dan etos keilmuan serta berkembangnya potensi anak yang belum dapat dilaksanakan sepenuhnya. Sehingga nilai-nilai islami dalam proses belajar terwujud dengan metode yang manusiawi, menyenangkan dan mengarahkan anak didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian metode tutor sebaya dalam meningkatkan prestasi siswa mata pelajaran Pendidikan agama islam di SDN 21 Mandonga. Adapun metode yang di guanakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK),. Adapun tahapan penelitian ini berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dan dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pelajaran Pendidikan agama islam kelas VI SDN 21 Mandonga. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa prestasi mengalami peningkatan dari pre test ke post test yang semula nilai rata-rata 56 meningkat siklus ke siklus. Untuk siklus I nilai rata-rata 62.3 dan siklus II nilai rata-rata 81.3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pembelajaran Tutor Sebaya
Subjects: Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:37
Last Modified: 12 Oct 2017 01:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item