MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)PADA MURID KELAS V SDN 2 TORONIPA KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE

Nuriani, NIM : 101010101051 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)PADA MURID KELAS V SDN 2 TORONIPA KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img] Text
skripsi lengkap.docx

Download (125kB)
[img] Text
Hal depan.docx

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK Nuriani, (01010101051). Meningkatkan hasil belajar PAI melalui Strategi pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas V SDN 2 Toronipa Kec, Soropia Kab. Konawe (dibimbing oleh Ir. Hj Ety Nur Inah, M. Si) Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada murid kelas V SDN 2 Toronipa Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe?” dimana Penelitian ini bertujuan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada murid kelas V SDN 2 Toronipa Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe”. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas adapun Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai seperti pada faktor-faktor yang diselidiki. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksnakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus penelitian tindakan kelas terdiri atas beberapa tahapan yakni 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), 4). Refleksi (reflektion). Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran TGT pokok bahasan Mengenal Rasul Allah semester genap khususnya di kelas V SD Negeri 2 Toronipa Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Tahun Pelajaran 2012/2013, bahwa prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada nilai siswa setelah tindakan siklus I meningkat yakni 75,28, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 75,28 menjadi 80,22 dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 88,89% siswa telah mendapat nilai minimal 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament)
Subjects: Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 15 Oct 2017 01:48
Last Modified: 15 Oct 2017 01:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item