BISNIS ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA MELALUI BLACKBERRY MESSENGER GROUP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH ( ANALISIS PADA MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN KENDARI)

ERNITA DWI ARYANTI, NIM. 13020103036 (2016) BISNIS ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA MELALUI BLACKBERRY MESSENGER GROUP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH ( ANALISIS PADA MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN KENDARI). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text
ERNITA DWI ARYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Ernita Dwi Aryanti, NIM : 13020103036, “Bisnis Online dikalangan Mahasiswa Melalui Blackberry Messenger Group Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Analisis pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri IAIN Kendari)”, di Bimbing Oleh Wahyuddin Maguni, SE,M.Si dan Dra. Beti Mulu, M.Pd.I Skripsi ini membahas tentang Bisnis Online dikalangan Mahasiswa Melalui Blackberry Messenger Group Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi analisis pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri IAIN Kendari) Permasalahan penelitian ini adalah; Bagaimanakah bisnis online dikalangan mahasiswa IAIN Kendari melalui Blackberry Messenger Group dan Bagaimanakah Bisnis Online melalui Blackberry Messenger Group dalam perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bisnis Online dikalangan mahasiswa IAIN Kendari melalui Blackberry Messenger Group dan Bisnis Online melalui Blackberry Messenger Group dalam perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik mengambil data penelitian jenis observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ditempuh dengan, yaitu ; reduksi, display, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik/metode dan triangulasi waktu. Berdasarkan Hasil penelitian menemukan bahwa Bisnis online dikalangan mahasiswa IAIN Kendari melalui Blackberry Messenger Group adalah bisnis yang dijalankan secara non face yang memanfaatkan media social (Blackberry Messenger) sebagai sarana promosi dengan menghasilkan omset yang menjanjikan. Strategi yang dilakukan untuk mempromosikan produknya melalui Blackberry dapat dikatakan berhasil, melihat jumlah pelaku bisnis online di kalangan mahasiswa IAIN Kendari makin hari makin bertambah. Selain itu terkait Bisnis Online dikalangan mahasiswa melalui Blackberry Messenger Group dalam perspektif Ekonomi Syariah adalah boleh karena model jual beli online yang dilakukan oleh masasiswa IAIN Kendari menggunakan prinsip akad as salam (pesanan). Dimana penjual akan memesan produk kepada suplayer setelah adanya pesanan dari pembeli. Jadi pembeli menbayar dahulu barangnya kepada penjual, kemudian penjual mengirimkan uang tersebut kepada Suplayer. Setelah suplayer menerima uang dari penjual maka suplayer kemudian mengirimkan barang pesanan pembeli tersebut langsung kepada pembeli. Dimana Akad salam itu pada hakikatnya adalah jual-beli dengan hutang. Tapi bedanya, yang dihutang bukan uang pembayarannya, melainkan barangnya. Sedangkan uang pembayarannya justru diserahkan tunai. Jadi akad salam ini kebalikan dari kredit. Kalau jual-beli kredit, barangnya diserahkan terlebih dahulu dan uang pembayarannya jadi hutang. Sedangkan akad salam, uangnya diserahkan terlebih dahulu sedangkan barangnya belum diserahkan dan menjadi hutang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: WAHYUDDI MAGUNI, SE,M.Si Dra. BETI MULU, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: BISNISEKONOMI
Subjects: Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 25 Aug 2017 01:40
Last Modified: 25 Aug 2017 01:40
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item