POLA BIMBINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN DALAM MENUNTASKAN BUTA AKSARA AL QUR’AN DI DESA BIWINAPADAKECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON

U S T A N I N, Nim:11010101109 (2015) POLA BIMBINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN DALAM MENUNTASKAN BUTA AKSARA AL QUR’AN DI DESA BIWINAPADAKECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama :Ustanin, NIM :11 01 0 10 1109 , judul sikripsi Pola Bimbingan Taman Pendidikan Al Qur’an Dalam Menuntaskan Aksara Al Qur’an di Desa Biwinapada Kecamatan Siompu Kabupaten Buton pembimbing I : Dr. H. Herman, M. Pd. I, pembimbing II Dr. Fatirawahidah, M. Ag Penelitian ini membahas tentang “Pola Bimbingan Taman Pendidikan al Qur’an dalam Menuntaskan Aksara al Qur’an di Desa Biwinadapa Kec. Siompu Kab. Buton. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk menggambarkan Pola bimbingan taman pendidikan al Qur’an (TPQ) dalam menuntaskan aksara al Qur’an di Desa Biwinapada Kecamatan Siompu Kabupaten Buton. 2) Untuk mengetahui upaya guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan bacaan al Qur’an di TPQ di Desa Biwinapada Kecamatan Siompu Kabupaten Buton. 3) Untuk mengetahui foktor pendukung dan penghambat guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan bacaan al Qur’an di TPQ di Desa Biwinapada Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Jenis penelitian ini adalah pelitan kualitatif, dengan prosedur, pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan dianalisis melalui reduksi data , display data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa Taman Pendidikan al Qur’an (TPQ) al Jannah Kecamatan Siompu Kabupaten Buton memiliki materi ajar yakni pemahaman dasar membaca al Qur’an, menghafal surat - surat pendek, , doa- doa sehari hari, dan pengusan ilmu tajwid. upaya guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan bacaan al Qur’an di TPQ di Desa Biwinapada yaitu Santri diberikan pembinan khusus oleh guru mengajinya yang masih di iqra 1 (satu ) - iqra empat diajar oleh pembina TPQ kemudian yang bacaanya di al Qur’an dari juz 1 (satu ) samapi juz 4 (empat) juga masih di ajar Pembina TPQ kemudian di serahkan kepada guru mengaji lainya. Foktor pendukung dan penghambat guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan bacaan al Qur’an di TPQ di Desa Biwinapada Kecamatan Siompu Kabupaten Buton yaitu memadainya al Qur’an, Iqra, dan Juz Amma yang dimiliki santri akan mempermudah proses pembelajar membaca dan menulis, sebab santri lebih sungguh-sungguh belajar bila memakai bukunya sendiri, dan selain santri belajar di sekolah. Foktor penghambat yaitu kurangnya sarana penunjang, santri sebagian terlambat membayar bulanan, dan kurangnya waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: : Dr. H. Herman, M. Pd. I, Dr. Fatirawahidah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: BIMBINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN , BUTA AKSARA AL QUR’AN
Subjects: Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:45
Last Modified: 16 Oct 2017 03:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item