IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH PINGGIRAN PASAR TRADISIONAL (Studi Deskriptifdi MTs. Swasta As-Syafi’iyah Kec. Baruga Kota Kendari

MURSALAAT, NIM. 11010101096 (2015) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH PINGGIRAN PASAR TRADISIONAL (Studi Deskriptifdi MTs. Swasta As-Syafi’iyah Kec. Baruga Kota Kendari. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Mursalaat. Implementasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Pinggiran Pasar Tradisional(Studi Deskriptif di MTs. As-Syafi’iyah Kec. Baruga Kota Kendari) (Dibimbing oleh Dr. Nurseha Gazali, M.Si dan Dr. La Ode Abdul Wahab, M.Pd) Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter peduli lingkungan di sekolah pinggiran pasar tradisional (MTs. Swasta As-Syafi’iyah Kec. Baruga Kota Kendari). Tujuan penelitian ini adalah mengungkap kebijakan implementasi nilai karakter peduli lingkungan, mengungkap target implementasi nilai karakter peduli lingkungan di MTs. As-Syafi’iyah, mengungkap implementor nilai karakter peduli lingkungan di MTs. As-Syafi’iyah, dan mengungkap implikasi lokasi MTs. As-Syafi’iyah yang berada di dekat pasar tradisional Baruga dalam pengimplementasian nilai karakter peduli lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru,siswa MTs. As-Syafi’iyah, dan sumber data sekunder yang terdiri dari dokumentasi penting menyangkut profil sekolah, data guru, data siswa, serta unsur penunjang lainnya seperti website, situs internet dan yang lainnya. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah MTs. As-Syafi’iyah menindak lanjuti kebijakan yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan Nasional tentang pengimplementasian pendidikan karakter dan Keputusan Bersama Kementerian Pendidikan Nasional dengan Kementerian Lingkungan Hidup tentang Sekolah Adiwiyata. Kebijakan ini ditindak lajuti dengan memasukkan nilai karakter peduli lingkungan ke dalam visi dan misi MTs. As-Syafi’iyah, go green school, dan piket harian siswa. Di pihak internal, target/penikmat kebijakan implementasi nilai karakter peduli lingkungan ini adalah sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, serta siswa. Sedangkan di pihak eksternal yang turut menikmati kebijakan ini adalah masyarakat yang tinggal di sekitar MTs. As-Syafi’iyah namun sampai saat ini mereka melum merasakan langsung dampak dari kebijakan ini. Implementor kebijakan ini di MTs. As-Syafi’iyah adalah kepala sekolah dengan membuat kebijakan, guru dengan mengintegrasikan nilai karakter peduli lingkungan kedalam perangkat pembelajaran, dan siswa yang langsung mengimplementasikan nilai karakter peduli lingkungan ini. MTs. As-Syafi’iyah yang berada dipinggiran pasar Baruga berimplikasi terhadap implementasi nilai karakter peduli lingkungan. Hal ini dilihat dari masih adanya beberapa siswa yang membawa kebiasaan mereka di lingkungan pasar membuang sampah sembarangan ke dalam lingkungan sekolah. Kata Kunci:Pendidikan, Karakter, Peduli, Lingkungan, Adiwiyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurseha Gazali, M.Si dan Dr. La Ode Abdul Wahab, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Peduli, Lingkungan, Adiwiyata
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:59
Last Modified: 17 Oct 2017 02:59
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item