PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV B SD NEGERI 08 POASIA KOTA KENDARI

RUDHAYANI, NIM : 10 01 01 01 060 (2013) PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV B SD NEGERI 08 POASIA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (83kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx

Download (122kB)

Abstract

ABSTRAK RUDHAYANI, NIM: 10010101060, Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV B SDN 08 Poasia Kota Kendari, Program Kualifikasi PAIS Jurusan Tarbiyah, melalui bimbingan Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara ilmiah “Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV B SDN 08 Poasia Kota Kendari”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: apakah penggunaan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 08 Poasia Kota Kendari? Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dirancang dengan desain penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi kegiatan guru dan siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 08 Poasia Kota Kendari sebanyak 23 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IV B melalui penggunaan media flashcard di SDN 08 Poasia Kota Kendari, dan mengetahui efektifitas penggunaan media flashcard di SDN 08 Poasia Kota Kendari. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada pokok bahasan zikir dan do’a setelah shalat pada siswa Kelas IV B SDN 08 Poasia Kota Kendari. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan presentase jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar, dimana pada skor awal sebelum tindakan diperoleh data bahwa dari 23 orang siswa yang diteliti terdapat 11 orang yang memperoleh nilai ketuntasan belajar 48% dengan nilai rata-rata 48. Selanjutnya dari hasil belajar siswa dengan menggunakan media flashcard siswa yang mengalami peningkatan menjadi 74% pada siklus I, selanjutnya setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 91% dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 90% siswa telah mendapat nilai minimal 70,00

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: MEDIA FLASHCARD, HASIL BELAJAR SISWA , MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:02
Last Modified: 18 Oct 2017 03:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item