PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 1 BOKORI KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE

YULIANA, NIM. 09010101036 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 1 BOKORI KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yuliana, NIM. 09010101037, Penggunaan Media Gambar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN I Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe (Dibimbing oleh : Dr. Hj. Nurseha Gazali, M.Si, dan Jumardin La Fua, S.Si, M.Si). Penelitian ini bertujuan menggambarkan aktifitas yang terjadi di kelas melalui tindakan-tindakan yang dilakukan siswa dan perkembangannya. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mencari sejauh mana pengaruh penggunaan media gambar pembelajaran yang dilaksanakan guru terhadap hasil belajar siswa di SDN I Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe khususnya di Kelas 3.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan siklus sebagai berikut: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting)Penelitian ini adalah penelitian yang pelaksanaannya direncanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Kemudian setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi.Pelaksanaan siklus berdasarkan pada faktorfaktor yang akan diteliti. Siklus I dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan 1 kali pertemuan tes siklus. Siklus II juga dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan 1 kali pertemuan digunakan untuk pemberian tes siklus. Data mengenai hasil belajar siswa dianalisis secara statistik deskriptif yang meliputi skor rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum dan minimum.Selanjutnya skor rata-rata motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa akan dikategorikan dalam klasifikasi tinggi, sedang, rendah menurut standar kategorisasi Kementrian Pendidikan Nasional. Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan pembelajaran pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan media gambar pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN I Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe telah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan dari siklus I ke siklus II yakni pada siklus I memiliki persentase sebanyak 2,8% kategori cukup dan persentase pelaksanaan siklus II sebanyak 3,5% kategori amat baik. Sedangakan aktifitas siswa yang diperoleh pada siklus I = 2,42% kategori kurang baik serta siklus II memiliki hasil sebanyak 3,8%, kategori amat baik. Pelaksanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan media gambar pada siswa SDN I Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe dapat meningkatkan hasil belajar siswa , hal ini dapat dibuktikan dengan mengacu pada nilai yang diperoleh siswa baik secara individu maupun kelompok dengan hasil belajar sebagai berikut : Siklus I=33,33% untuk ketuntasan klasikal serta 64,5% untuk rata-rata kelas sedangkan siklus II = 85% untuk ketuntasan klasikal dan 73,75 untuk rata-rata kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Nurseha Gazali, M.Si, dan Jumardin La Fua, S.Si, M.Si).
Uncontrolled Keywords: MEDIA GAMBAR, PEMBELAJARAN, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, HASIL BELAJAR
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 31 Oct 2017 00:12
Last Modified: 31 Oct 2017 00:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item