MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE SIMULASI DI KELAS X SMA NEGERI 2 KENDARI

RAJIB BASAN, NIM : 10010101100 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE SIMULASI DI KELAS X SMA NEGERI 2 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rajib Basan. 10 010101 100. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Simulasi di Kelas X SMA Negeri 2 Kendari” . M e l a l u i b i m b i n g a n I b u D r . H j . S t . K u r a e d a h , M . A g . dan Ibu Isna Humaera, S.Ag. S.Pd. M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan siswa pada materi pelajaran PAI, khususnya pada materi-materi yang sifatnya aplikatif. Pada umumnya, siswa-siswi dapat menguasai materi secara konseptual namun lemah dalam menguasai pelaksanaan atau aplikasi dari materi tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti melihat metode simulasi sebagai alternatif metode yang tepat untuk mengatasi masalah pembelajaran di atas. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas X SMA Negeri 2 Kendari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Tindakan penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembaran observasi dan instrumen tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis dengan rumus kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 2 Kendari. Hal itu dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari satu siklus ke siklus berikutnya. Dari hasil evaluasi pra tindakan diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 69,85 dengan persentase ketuntasan belajar yang hanya mencapai 61,54%. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,88 sedangkan ketuntasan belajar sebesar 69,23%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas berhasil ditingkatkan menjadi 75,15 dan persentase ketuntasan belajar juga meningkat menjadi 80,77%. Selanjutnya pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,27 sedangkan persentase ketuntasan belajar mencapai 100% dari keseluruhan siswa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode simulasi berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 2 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: D r . H j . S t . K u r a e d a h , M . A g . dan Ibu Isna Humaera,
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, SISWA, MATA PELAJARAN PAI, METODE SIMULASI
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:07
Last Modified: 01 Nov 2017 07:07
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item