PENGARUH DISIPLIN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 4 KONAWE SELATAN KECAMATAN LALEMBUU

SITI MAHMUDAH, NIM : 11010101108 (2015) PENGARUH DISIPLIN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 4 KONAWE SELATAN KECAMATAN LALEMBUU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK SITI MAHMUDAH, Nim. 11010101108, Dengan Judul Penelitian Pengaruh Disiplin Sekolah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 4 Konawe Selatan (Dibimbing Oleh Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si dan Abbas T. S. Ag. MA) Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin sekolah dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMK Negeri 4 Konawe Selatan Kecamatan Lalembuu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yakni menggambarkan hasil penelitian dengan mengunakan angka, angka tersebut dijabarkan dalam bentuk kata-kata. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh disiplin sekolah sebagai variabel bebas terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam sebagai variabel terikait. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis linear dengan tekhnik korelasi produk moment. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif terhadap kedua variabel penelitian disiplin sekolah dengan prestasi pendidikan agama Islam dari 30 responden diperoleh bahwa disiplin sekolah di SMKN Negeri 4 Konawe Selatan berada pada kategori ”sangat tinggi” (5 responden atau 16,6%), “tinggi” (25 responden atau 83,3,3%), sedangkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam berada dalam kategori “ sangat tinggi” (18 responden atau 60%) dan “tinggi” (12 responden atau 40%). Berdasarkan analisis linear diperoleh bahwa Y=1,984 + 0,92. X, berdasarkan teknik korelasi produk moment hasil penelitian menunjukan “ada pengaruh disiplin sekolah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 4 Konawe Selatan diperoleh r_(hitung )>r_table (0,836>0,374) artinya H_O ditolak H_i diterima (ada pengaruh) sedangkan signifika F hitung > F tabel (88,02>4,20) artinya H_O ditolak H_i diterima (signifikan). Namun berdasarkan realita yang ada dilapangan dari beberapa indikator mengenai kedisiplinan sekolah masih sangat rendah hal ini ditunjukan dengan 63% siswa kadang-kadang mengobrol pada saat pembelajaran berlangsung, 60% siswa kadang-kadang melihat jawaban teman ketika sedang ujian, 50% siswa sering terlambat masuk kelas ataupun berangkat sekolah, 86% siswa tidak memanfaatkan waktu untuk belajar, hanya 43% siswa yang mengucapkan salam ketika memasuki ruangan dan hanya 10% siswa mengikuti ibadah sesuai jadwal yang telah ditentukan di sekolah. Berdasarkan perhitungan determinan (KD) maka diketahui pengaruh disiplin belajar siswa dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMK Negeri 4 Konawe Selatan sebesar 69,88 % dan 29,12% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si dan Abbas T. S. Ag. MA)
Uncontrolled Keywords: DISIPLIN SEKOLAH, PRESTASI BELAJAR,PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 02 Nov 2017 00:31
Last Modified: 02 Nov 2017 00:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item