STRATEGI PROMOSI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA PERUSAHAAN SOPHIE PARIS CABANG KENDARI)

NINA ASMIDA, NIM : 13020103009 (2017) STRATEGI PROMOSI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA PERUSAHAAN SOPHIE PARIS CABANG KENDARI). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nina Asmida NIM : 13020103009 Judul Skripsi : Strategi Promosi Pemasaran Pada Perusahaaan Sophie Paris Cabang Kendari Dalam Perspektif Ekonomi Islam Skripsi ini membahas tentang Strategi Promosi Pemasaran pada Perusahaan Sophie Paris Cabang Kendari dalam Perspektif Ekonomi Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi promosi yang dilakukan perusahaan Sophie Paris Cabang Kendari dan Bagaimana strategi promosi yang dilakukan perusahaan Sophie Paris Cabang Kendari dalam pandangan ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Perusahaan Sophie Paris Cabang Kendari dalam mempromosikan produk agar produk yang dipromosikan atau yang ditawarkan dapat diminati oleh konsumen dan bisa menarik calon konsumen baru. Penelitian skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data, kemudian diolah dan dianalisis dengan menempuh langkah reduksi, display dan konklusi data. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa aktivitas promosi pemasaran yang dilakukan oleh Sophie Paris Cabang Kendari antara lain 1) pemasaran interaktif 2) pelaksanaan event 3) promosi penjualan 4) penjualan personal 5)situs website. Strategi yang telah diterapkan oleh Sophie Paris Cabang Kendari di atas diperbolehkan karena tidak bertentangan dengan prinsip ekonomi dalam Islam. Walaupun realitanya, Sophie Paris menerapkan sistem bisnis MLM yang dilakukan dengan cara menjaring calon konsumen yang sekaligus berfungsi sebagai konsumen dan anggota (member) dari perusahaan. Akan tetapi sistem yang diterapkan tidak melanggar prisip ekonomi Islam karena tidak ada yang saling dirugikan. Ketika konsumen bergabung dalam bisnis MLM Sophie Paris, maka konsumen akan membayar biaya administrasi dan diberikan kartu keanggotaan, produk, catalog dan buku panduan member dari pihak perusahaan. Selain itu, member mendapatkan bonus tidak hanya ketika melakukan perekrutan akan tetapi member akan mendapatkan bonus dari hasil penjualan untuk semua produk yang ada dikatalog. Sophie Paris merupakan perusahaan yang bergerak dibidang bisnis MLM fashion di Indonesia. Tujuan promosi pemasaran yang dilakukan oleh Sophie Paris Cabang Kendari adalah untuk mempertahankan loyalitas member dan menarik masyarakat untuk menjadi member ataupun menjadi konsumen non member. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi Perusahaan Sophie Paris Cabang Kendari dalam meningkatkan penjualan agar selalu memperhatikan nilai-nilai syariah dalam mempromosikan produknya kepada konsumen. Kemudian sebagai sumber informasi bagi peneliti yang lain yang akan melakukan penelitian selanjutnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Ummi Kalsum, M. Ag DAN Muhamad Turmudi,S. Ag. MM
Uncontrolled Keywords: PROMOSI, PEMASARAN, EKONOMI ISLAM
Subjects: Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 06 Nov 2017 06:48
Last Modified: 12 Feb 2018 01:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item