MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TO BE QUESTION PADA MURID KELAS IV SDN I BORO-BORO LAMEURU KEC. RANOMEETO BARAT KAB. KONAWE SELATAN

RAHMAWATI, NIM 100101056 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TO BE QUESTION PADA MURID KELAS IV SDN I BORO-BORO LAMEURU KEC. RANOMEETO BARAT KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. Halaman Judul.docx

Download (19kB)
[img] Text
2. Halaman Persetujuan.docx

Download (19kB)
[img] Text
3. Abstrak & Kata Pengantar.docx

Download (28kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.docx

Download (28kB)
[img] Text
5. BAB I, II dan III.docx

Download (74kB)
[img] Text
6. BAB IV - BAB V.docx

Download (45kB)
[img] Text
7. Dapus.docx

Download (21kB)
[img] Text
8. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.docx

Download (57kB)
[img] Text
9. Dokumentasi.docx

Download (584kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Murid Melalui Model Pembelajaran Learning to be Question Pada Murid Kelas IV SDN 1 Boro-Boro Lameuru Kab.Konsel, (dibimbing oleh : Aliwar, S.Ag, M.Pd.) Skripsi ini membahas tentang “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Learning to be Question Pada Murid Kelas IV SDN 1 Boro-Boro Lameuru Kab. Konsel”, dengan pokok masalah “Apakah model Pembelajaran Learning to be Question dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada murid Kelas IV SDN 1 Boro-Boro Lameuru Kab. Konsel”. Pemecahan masalah dilakukan dengan pendekatan kaji tindak, yakni menerapkan model pembelajaran Learning to be Question dalam situasi belajar di SDN 1 Boro-Boro Lameuru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Learning to be Question di SDN 1 Boro-Boro Lameuru Kec. Ranomeeto Barat Kab. Konawe Selatan. 2. Untuk mengetahui hasil belajar PAI di SDN 1 Boro-Boro Lameuru Kec. Ranomeeto Barat Kab. Konsel. 3. Untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada murid di SDN 1 Boro-Boro Lameuru melalui model Pembelajaran Learning to be Question. Penelitian ini dapat menghasilkan beberapa temuan, yaitu : 1. Model pembelajaran learning to be Question cukup efektif dalam memperbaiki proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dimana murid dapat terlibat lebih banyak dalam proses belajar mengajar berlangsung, seperti belajar mandiri dan dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahaminya, sehingga dengan sendirinya mulai tercipta keterampilan dalam mengajukan pertanyaan. 2. Hasil belajar PAI padamurid kelas IV SDN 1 Boro-Boro Lameuru sebelum diberikan tindakan dapat diketahui melalui tes kemampuan awal, dimana nilai yang diperoleh murid masih jauh dari standar ketuntasan minimal. Hasil tes kemampuan awal siswa kelas IV SDN 1 Boro-Boro Lameuru hanya memperoleh nilai rata-rata = 55,71. Setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata = 66,58 dengan ketuntasan 68,42%. Seterusnya pada siklus II perolehan nilai rata-rata hasil belajar murid kelas IV adalah = 78,68 dengan ketuntasan sebesar 89,47%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar Pendidikan Agama Islam, Melalui Model Pembelajaran Learning to be Question
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 07 Nov 2017 05:07
Last Modified: 07 Nov 2017 05:07
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item