HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID SD NEGERI WAWONGGOLE KEC. UNAAHA KAB. KONAWE

M U N I A, NIM : 07 01 01 01 426 (2012) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID SD NEGERI WAWONGGOLE KEC. UNAAHA KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (28kB)
[img] Text
analisa.docx

Download (71kB)
[img] Text
ANGKET.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Munia, th. 2012. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Murid SD Negeri Wawonggole Kec. Unaaha Kab. Konawe”. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Kendari, dibimbing oleh (I) Drs. Pairin, M.A (2) Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag Masalah pokok penelitian ini adalah: (1) Motivasi berprestasi siswa SD Negeri Wawonggole (2) Hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SD Negeri Wawonggole Kec. Unaaha Kab. Konawe (3) Hubungan Motivasi berprestasi dengan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SD Negeri Wawonggole Kec. Unaaha Kab. Konawe Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Wawonggole Kabupaten Konawe, bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SD Negeri Wawonggole. Jadi pada dasarnya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SD Negeri Wawonggole Kec. Unaaha Kab. Konawe. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pola survei. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, Angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Korelasi product moment. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi sederhana ditemukan nilai rxy = 0,655 sedangkan nilai koefisien determinasinya (r2) adalah sebesar 42,928 % Nilai Koefisien determinasi yang diperoleh menunjukkan bahwa prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa sebesar 42,92%, ditentukan oleh motivasi belajar siswa, sedangkan sisanya yakni sebesar 57,072% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan uji taraf signifikan taraf kepercayaan 5% dengan dk = n – 2, 30 - 2 = 28, nilai ttabel = 0,404 karena thitung = 10,055 > ttabel = 0,404 , maka Ho di tolak dan terima H1. Dengan menggunakan kaidah pengujian : Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa di SD Negeri Wawonggole terdapat hubungan yang signifikan antara motovasi belajar siswa dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Pendidikan dan motivasi yang baik yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam akan meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri Wawonggole Kec. Unaaha Kabupaten Konawe.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 08 Nov 2017 01:10
Last Modified: 08 Nov 2017 01:10
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item