POLA PEMBINAAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TK ANAWAI DESA WALAY KEC. ABUKI KAB. KONAWE

ASHARIYANI, Nim. 07010101440 (2012) POLA PEMBINAAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TK ANAWAI DESA WALAY KEC. ABUKI KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (102kB)
[img] Text
BAB III..docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK ASHARIYANI, NIM. 07010101440. “Pola Pembinaan Akhlak Pada Anak Usia Dini Di TK Anawai Desa Walay Kec. Abuki”, melalui bimbingan Drs. H.M. Baharuddin Kusman dan Dra. Fatirah Wahidah, M.Ag. Taman kanak-kanak adalah lembaga pendidikan formal pertama yang dilalui anak dalam menempuh pendidikan. Dengan demikian, Taman Kanak-Kanak mempunyai peran yang sangat strategis dalam meletakkan dasar-dasar keperibadian anak termasuk pembentukan akhlaknya. Pembentukan kompetensi peserta didik di TK dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah berhubungan dengan pola pembinaan. Ketepatan pola pembinaan yang diterapkan dengan karakteristik anak didik mempengaruhi efektivitas pembinaan suatu lembaga. Dalam kerangka inilah penulis ingin mengetahui “Pola Pembinaan Akhlak Pada Anak Usia Dini Di TK Anawai Desa Walay Kec. Abuki Kab. Konawe” Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk pembinaan akhlak pada anak usia dini di TK Anawai, pola Pembinaan Akhlak Anak Usia Dini di TK Anawai, kendala-kendala yang dihadapi dalam pembinaan akhlak pada anak usia dini di TK Anawai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik trianggulasi yaitu trianggulasi teknik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pembinaan akhlak pada anak usia dini di TK Anawai mencakup pembinaan akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia dan akhlak kepada lingkungan sekitar; pola pembinaan akhlak pada anak usia dini yang diterapkan di TK Anawai adalah pola pembinaan dengan keteladanan, pembinaan melalui pembiasaan, pembinaan melaui kegiatan belajar sambil bermain dan pembinaan melalui penciptaan suasana yang religious di TK; kendala-kendala yang menghambat proses pembinaan akhlak pada anak usia dini di TK Anawai bersumber dari lingkungan pendidikan itu sendiri dalam hal ini TK Anawai dan lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: POLA PEMBINAAN AKHLAK, ANAK USIA DINI
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 08 Nov 2017 01:30
Last Modified: 08 Nov 2017 01:30
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item