NUR ZILA, NIM: 13010101147 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 ROKO-ROKO KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (597kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (783kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Zila, Nim. 13010101147. “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Roko-Roko Kabupaten Konawe Kepulauan” melalui bimbingan Dr. Abdul Kadir, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui penerapan metode simulasi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Roko-Roko Kabupaten Konawe Kepulauan. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 2 Roko-Roko Kabupaten Konawe Kepulauan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 2 Roko-Roko Kabupaten Konawe Kepulauan. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68.73 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59,09%. Setelah tindakan siklus I dilakukan maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 70,36 dengan persentase ketuntasan sebesar 63,64%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,50 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 81,82%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 2 Roko-Roko.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Abdul Kadir, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, SIMULASI |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 00:22 |
Last Modified: | 15 Nov 2017 00:22 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/660 |
Actions (login required)
View Item |