MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 5 LANDAWE KABUPATEN KONAWE UTARA

SITI RAHMA, NIM: 13010101179 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 5 LANDAWE KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Rahma, Nim. 13010101179. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas II SD Negeri 5 Landawe Kabupaten Konawe Utara” melalui bimbingan Drs. Masdin, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca huruf hijaiyah melalui penggunaan media gambar di Kelas II SD Negeri 5 Landawe. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca huruf hijaiyah di kelas II SD Negeri 5 Landawe. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada murid kelas II SD Negeri 5 Landawe. Hal tersebut dapat diamati dari perkembangan kemampuan membaca murid yang terus menunjukkan peningkatan, mulai dari tahap pengenalan huruf, pengenalan tanda baca, hingga pada tahap kemampuan membaca huruf hijaiyah bersambung. Ditinjau dari aspek ketuntasan belajar, pada siklus pertama peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 86,67%, kemudian pada siklus II, ketuntasan belajar peserta didik meningkat mencapai 100% atau semua murid mengalami ketuntasan belajar. Dengan pencapaian ini, maka hipotesis tindakan terbukti bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada murid kelas II di SD Negeri 5 Landawe.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Masdin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: MEMBACA, HURUF HIJAIYAH, MEDIA GAMBAR
Subjects: Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Nov 2017 02:45
Last Modified: 15 Nov 2017 02:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item