PEMBINAAN PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 10 KONAWE SELATAN

MEGA SELPIA, 13 01 01 01 O93 (2017) PEMBINAAN PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 10 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Mega_Selfia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mega Selpia Nim:13010101093. Model Kerja Sama orang tua dengan guru terhadap pembinaan perilaku belajar pasa siswa SMA Negeri 10 Konawe Selatan. Skripsi Kendari : Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut agama islam negeri (IAIN) kendari 2017 (Dibimbing oleh : Abdul Halim, M. TESOL) Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMA 10 Negeri Konawe Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Model Kerja Sama orang tua dengan guru terhadap pembinaan perilaku belajar pada siswa SMA Negeri 10 Konawe Selatan Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara analisis yang menggunakan kata-kata untuk menjelaskan (describle) fenomena atau data yang didapatkan. Hasil penelitisn menujukan (1) bentuk-bentuk kerjasama orang tua dengan guru terhadap pembinaan perilaku belajar pada siswa SMA 10 Negeri Konawe Selatan. Meliputi konsultasi langsun, komunikasi via telepon,mengadakan surat menyurat, adanya daftar nilai atau rapor. (2) faktor pendukung yang berasal dari pihak guru adalah kemampuan dari sebagian guru yang telah mencakup dalam kompetensi personal. Sosial, dan professional yang ditunjang dengan berbagai fasilitas atau media pembelajaran yang cukup memadai. Sedangkan faktor pendukung dari pihak orang tua adalah sikap keterbukaan dan peran serta dari sebagian orang tua dalam mengikuti pertemuan disekolah. Faktor yang mendukung dari pihak siswa adalah sifat-sifat luhur yang dimiliki siswa seperti patuh, jujur, murah senyum, mengikuti segalah perintah orang tua dan guru. Adapun faktor pengambat dari pihak guru adalah kurang maksimalnya guru dalam menangani siswa dikarenakan sebagian guru mengajar tidak hanya disatu tempat, sedangkan faktor penghambat dari pihak orang tua adalah faktor kemalasan, kesibukan, tidak memiliki waktu ataupun kurangnya perhatian terhadap anak, serta kurangnya kesadaran akan pentingnya kerjasama guru terhadap pembinaan perilaku belajar pada siswa.(3) upaya yang dilakukan oleh pihak guru terhadap pembinaan perilaku belajar siswa adalah dengan memberikan nasihat, keteladanan, menanamkan kedisplinan, dan pembiasaan-pembiasaan berperilaku yang baik : sedangkan upayah dari pihak orang tua yaitu membiasakan anak melakukan hal yang baik ketika berada dilingkungan keluarga, menanamkan kejujuram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kerja Sama orang tua dengan guru terhadap pembinaan perilaku belajar
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 17 Nov 2017 04:26
Last Modified: 17 Nov 2017 04:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item