Sri Mulyani Nukdin,, Nim. 12010101082 (2017) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Lambuya Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (856kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sri Mulyani Nukdin, Nim. 12010101082. Judul: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Lambuya Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe. (Dibimbing oleh: Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd.I) Skripsi ini berjudul Strategi Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Lambuya Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe, dengan masalah dalam penelitian ini. 1) Bagaimana strategi guru pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 1 Lambuya? dan 2) Bagaimana faktor penghambat pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 1 Lambuya? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Lambuya dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 1 Lambuya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa SMA Negeri 1 Lambuya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data penelitian yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, trianggulasi data, analisis kasus negatif, dan member chek. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Lambuya Kecamatan Lambuya yaitu dengan memberikan teladan, anjuran, latiahan, kompetensi dan pembiasaan serta larangan, pengawasan dan hukuman. Faktor pembinaan akhlak siswa yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah dalam diri siswa itu sendiri seperti kurangnya minat belajar siswa dalam menerima pelajaran. Sedangkan faktor internal adalah dari lingkungan seperti lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dalam faktor tersebut sangat mempengaruhi perilaku siswa karena kurangnya perhatian dan arahan dari orang tua sehingga siswa melakukan perbuatan yang kurang baik serta bertemanya siswa kepada teman yang tidak baik akhlaknya. Kemudian solusi yang dilakukan oleh guru pendidikan Agama Islam yaitu: memberikan teladan melalui contoh sikap yang baik seperti tata krama dalam berbicara, serta nasehat yang baik pula kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlak |
Subjects: | Filsafat dan Perkembanganya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 18 Nov 2017 03:27 |
Last Modified: | 18 Nov 2017 03:27 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/697 |
Actions (login required)
View Item |