PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET MELALUI METODE BERMAIN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI TK SAMATURU KEC. RANOMEETO KAB. KONAWE SELATAN

NASRAWATI, NIM : 13010105003 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET MELALUI METODE BERMAIN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI TK SAMATURU KEC. RANOMEETO KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nasrawati (13010105003) Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Melalui Metode Bermain Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B Dan Nilai Pendidikan Karakter Di TK Samaturu Kec. Ranomeeto (Dimbimbing oleh Ibu Erdiyanti, S.Ag,M.Pd) Penelitian ini tentang peningkatkan kemampuan mengenal huruf Alfabet melalui metode bermain kartu huruf dan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak Taman Kanak-Kanak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan mengenal huruf Alfabet melalui metode bermain kartu huruf pada anak kelompok B Dan Nilai Pendidikan Karakter Di TK Samaturu Kec. Ranomeeto Kab. Konawe Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 15 anak kelompok B TK Samaturu Kec. Ranomeeto Kab. Konawe Selatan tahun pelajaran 2016/2017, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai ketuntasan kemampuan anak meningkat setiap tahapnya dimana perolehan pada pra tindakan sebesar 40%, meningkat menjadi 66,67% pada tindakan siklus I dan mencapai 86,87% pada tindakan siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf Alfabet melalui metode bermain kartu huruf pada anak kelompok B dan nilai-nilai pendidikan karakter dilaksanakan secara optimal di TK Samaturu Kec. Ranomeeto. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ada pada kegiatan bermain kartu huruf TK Samaturu Kec. Ranomeeto Kab. Konawe Selatan antara lain nilai karakter jujur, nilai karakter toleransi, nilai karakter disiplin, nilai karakter kerja keras, nilai karakter kreatif, nilai karakter mandiri, nilai karakter rasa ingin tahu nilai karakter bersahabat/komunikatif, nilai karakter peduli sosial dan nilai karakter tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erdiyanti, S.Ag,M.Pd
Uncontrolled Keywords: HURUF ALFABET, KARTU HURUF
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:41
Last Modified: 22 Nov 2017 02:41
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item