Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bahari Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan.

Sri Ostrina Mansa, Nim. 13010104014 (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bahari Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. Skripsi thesis, I.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Ostrina Mansa Nim. 13010104014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bahari Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. (Dibimbing Oleh La Hadisi, S.Ag., M.Pd.I). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas V SD Negeri I Bahari Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bahari Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Bahari. Siklus penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif untuk memberikan gambaran hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri I Bahari. Hal itu dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar yang menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hasil belajar siswa sebelum tindakan diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa sebesar 65,65 dengan presentase ketuntasan belajar 41,30%. Setelah tindakan siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 74,89 dengan presentase ketuntasan sebesar 65,21%. Mengingat presentase kentuntasan belajar siswa belum memenuhi indikator kinerja sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata yang di capai oleh siswa sebesar 85,21 dengan presentase ketuntasan sebesar 84,78%. Presentase ketuntasan tersebut telah memenuhi indicator kinerja yang mensyaratkan “80% dari siswa mengalami ketuntasan belajar”. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri I Bahari Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: La Hadisi, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika , Group Investigation
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:02
Last Modified: 22 Nov 2017 03:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item