MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TIPE KONSTRUKTIVIS PADA SISWA KELAS XI MIA I SMA NEGERI 3 KONAWE SELATAN

NURHIDAYAT, NIM : 13 01 01 01 003 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TIPE KONSTRUKTIVIS PADA SISWA KELAS XI MIA I SMA NEGERI 3 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhidayat , NIM 13010101003, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Tipe Konstruktivis pada Siswa Kelas X MIA I SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (dibimbing oleh Siti Aisyah Mu’min, M.Pd ) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Tipe Konstruktivis pada siswa kelas XI MIA I SMA Negeri 3 Konawe Selatan, kecamatan Laeya, kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi & evaluasi dan refleksi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dianalisis dengan rata-rata dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Indicator keberhasilan penelitian ini apabila 80% siswa telah mencapai nilai KKM yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Tipe Konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,88 atau 76% siswa yang memperoleh nilai ≥65, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pelaksanaan siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa memperoleh nilai 77 atau 84% siswa yang memperoleh nilai ≥65. Dengan melihat hasil tes pada siklus II maka penelitian ini dilaksanakan hanya sampai pada siklus II karena indicator keberhasilan penelitian ini tercapai dan meningkatkan hasil belajar pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aisyah Mu’min, M.Pd
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Nov 2017 07:25
Last Modified: 22 Nov 2017 07:25
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item