PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMK NEGERI 5 KENDARI

NIRWATI, Nim. 13010101084 (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMK NEGERI 5 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NIRWATI, NIM. 13010101084 Judul : Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Negeri 5 Kendari (Dibimbing Oleh : Dr. Zulkifli Musthan.,M.Si.,M.Pd) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendaeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMK Negeri 5 Kendari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan memotivasi diri siswa di SMK Negeri 5 Kendari 2)Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan mengelola emosi diri siswa di SMK Negeri 5 Kendari? 3)Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMK Negeri 5 Kendari dalam membina hubungan dengan orang lain?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriktif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data : trianggulasi sumber, metode waktu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) peran guru pendidikan agama Islam sudah baik dalam memotivasi diri siswa di SMK Negeri 5 Kendari adalah sebagai motivator dan fasilitator dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang kecerdasan emosional. (2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan kecerdasan emosional dalam mengelola diri siswa di SMK Negeri 5 Kendari adalah sebagai pengelola dan pendidik yang berusaha untuk terus mendampingi siswa agar dapat mengelola emosi diri. (3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pengembangan kecerdasan emosional terkait membina hubungan dengan orang lain bagi siswa di SMK Negeri 5 Kendari adalah sebagai pembimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zulkifli Musthan.,M.Si.,M.P
Uncontrolled Keywords: GURU, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KECERDASAN EMOSIONAL
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:26
Last Modified: 23 Nov 2017 07:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item