HUBUNGAN MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 LANGARA KECAMATAN WAWONII BARAT KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN

A S R U N, NIM. 11 01 01 01 026 (2017) HUBUNGAN MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 LANGARA KECAMATAN WAWONII BARAT KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asrun, Nim, 11 01 01 01 026, “Hubungan Minat Dengan Prestasi Belajar Siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan” (Dibimbing Oleh: Dr. H. Pairin, MA dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd). Penelitian ini bertujuan (a). Untuk mengetahui tingkat Minat siswa SMAN 1 Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (b). Untuk mengetahui Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (c). Untuk mengetahui Hubungan Minat Dengan Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. Populasi penelitian siswa SMA Negeri Langara sebanyak 380 orang dengan responden 38 yang ditentukan secara purposive sampling (sampling pertimbangan)dari jumlah keseluruhan siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket yang dikembangkan dari kisi-kisi instrumen variabel X dan Y, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif terhadap data variabel X dan Y, dan analisis inferensial yang ditempuh dengan (a) Uji Persyaratan Analisis variabel X dan Y, untuk mengetahui normal dan tidaknya data penelitian, dan (b) pengujian hipotesis yang menggunakanalat uji product moment, Kd, dan uji t. Dalam analisis Koefisien Determinasi (KD)12,2% menunjukkan bahwa sumbangan variabel X terhadap variabel Y masih mengalami penurunan yang berarti ada faktor lain yang mempengaruhi minat dengan prestasi belajar. Dalam pembahasannya hubungan minat dengan prestasi belajar di pengaruhi pada lingkungan, hobi, motivasi, belajar, bahan pelajaran dan guru serta keluarga. Dilihat dari presentase pengujian hipotesis yang menunjukkan pada hubungan positif sedang dengan ketentan variabel Y mengalami penurunan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1).minat siswa SMA Negri 1 Langara termasuk dalam kategori tinggi sekali yang didukung oleh 19 orang responden dengan persentase 50%. 2). Prestasi Belajar Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Langara termasuk dalam kategori sedang yang didukung oleh 20 orang responden dengan persentase 52,63%. 3). Terdapat hubungan negatif rendah dan tak signifikan minat dengan Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Langara, hasil ini karena r hitung < r (0,35022 > 0,329), berbanding lurus uji signifikan dimana t hitung > t tabel tabel (2,395 > 1,689).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Pairin, MA dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MINAT, PRESTASI BELAJAR, DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 25 Nov 2017 02:47
Last Modified: 25 Nov 2017 02:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item