PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU SISWA PADA SMA NEGERI 3 KENDARI

HAJESAENI, NIM. 08010101071 (2012) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU SISWA PADA SMA NEGERI 3 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
pengantar skripsi.docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB I Hajesaeni.doc

Download (110kB)
[img] Text
BAB II Hajesaeni.doc

Download (148kB)
[img] Text
BAB III Hajesaeni.doc

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV Hasna.docx

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Hajesaeni “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Siswa Pada SMA Negeri 3 Kendari” (dibimbing Drs. Pairin, MA dan Raehang, S. Ag, M. Pd.I) Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Siswa Pada SMA Negeri 3 Kendari”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam skripsi ini adalah “Apakah pengaruh kecerdasan emosi terhadap perilaku siswa pada SMA Negeri 3 Kendari ? “dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku siswa pada SMA Negeri 3 Kendari. Penelitian ini mengkaji dua variabel yakni variabel bebas (X), yaitu kecerdasan emosional dan variabel terikat (Y) yaitu perilaku siswa SMA Negeri 3 Kendari. Dengan demikian yang menjadi sumber data primer adalah siswa SMA Negeri 3 Kendari. Peneliti mengambil 10% dari populasi 455 dan diperoleh sampel sebesar 45 siswa. Metode pengumpulan data adalah quisioner (angket) secara dominan dan didukung oleh metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriftif dan inferensial. Dari data penelitian ini diketahui bahwa Siswa di SMA 3 Kendari telah memiliki kecerdasan emosional yang maksimal dan baik, karena siswa telah mengenali emosi diri, mengelola dan mengekspresikan emosi dengan baik, memacu motivasi diri, mampu mengenali emosi orang lain dan membangun hubungan yang baik dengan lingkungannya. Selain itu, siswa di SMA Negeri 3 Kendari telah menunjukkan perilaku yang sangat baik, karena siswa telah menunjukkan perilaku positif saat di dalam kelas ketika proses pembelajaran berlangsung, saat di luar kelas dan saat di luar lingkungan sekolah. Dan berdasarkan analisis inferensial diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap perilaku siswa SMA Negeri 3 Kendari. Sesuai dengan nilai Uji-F yaitu 26,50 lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel pada derajat bebas dbreg b/a = 1 dan db res = n – 2 (45-2 = 43) yaitu 7,24.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Siswa
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:52
Last Modified: 11 Dec 2017 03:52
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item