MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI WORD SQUARE PADA SISWA SMP NEGERI SATAP2KONAWE SELATAN

SITI NURCAHYATI, NIM. 13010101124 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI WORD SQUARE PADA SISWA SMP NEGERI SATAP2KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img]
Preview
Text
BAB V NUR.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Nurcahyati, Nim. 13010101124 “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Word Square pada siswa SMP Negeri Satap 2 Konawe Selatan,” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam IAIN Kendari, (Dibimbing oleh : Dr .Abdul Kadir P, M.Pd). Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan strategi Word square pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri Satap 2 konawe selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya memuat beberapa langkah pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru seluruh siswa kelas VIII-A yang berjumlah 23 siswa. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa tiap siklus. Indikator dalam penelitian ini adalah penelitian dikatakan berhasil apabila minimal 80% siswa telah memperoleh nilai ≥75. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 69,57% dengan nilai rata-rata 75,21. Hasil ini belum mencapai indikator yang ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II proses pembelajaran lebih ditingkatkan, terutama perbaikan terhadap kekurangan yang terjadi pada siklus I. Setelah dilakukan evaluasi pada siklus II, diperoleh hasil bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dicapai 91,30% dengan nilai rata-rata 86,52. Hasil yang dicapai pada akhir siklus II ini telah mencapai indikator. Total peningkatan yang diperoleh dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 16,67%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 17,42% dan peningkatan dari Pra siklus ke siklus II sebesar 37,03%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi Word Square dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri satap 2 konawe selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr .Abdul Kadir P, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Word Square
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 19 Dec 2017 00:35
Last Modified: 19 Dec 2017 01:40
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item