PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MAN 1 KENDARI

NUR HIKMAH, NIM. 10010101063 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MAN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK NUR HIKMAH. NIM: 10010101063. ‘’ Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran The Power Of Two pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Kendari’’. Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Dibimbing Oleh Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan Drs. Muh. Shaleh, M. Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan strategi pembelajaran the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa MAN 1 Kendari? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI IPS 1 MAN I Kendari tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 23 orang siswa yang terdiri dari 16 perempuan dan 7 laki-laki. Prosedur penelitian yang terdiri dari : Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, Evaluasi dan Refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi bagi guru dan siswa untuk melihat kondisi pelaksanaan tindakan, jurnal refleksi diri dan evaluasi tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu skenario pembelajaran telah terlaksana dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dikatakan berhasil apabila minimal 85% siswa telah memperoleh nilai 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi pembelajaran the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN I Kendari. Ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar dalam setiap siklus. Prasiklus dengan nilai rata-rata 62,60 dengan ketuntasan klasikal yang masih relatif rendah yakni 26,08%, pada siklus I nilai rata-rata meningkat dari hasil tes pra siklus 73,69 dengan ketuntasan klasikal 60,86% namun belum mencapai lriteria yang ditetapkan oleh pihak sekolah, pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 86,86 dengan ketuntasan klasikal mencapai 91,30% dimana telah mencapai kriteria yang ditetapkan oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan Drs. Muh. Shaleh, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Belajar, Hasil Belajar, The Power Of Two , dan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 24 Jan 2018 01:59
Last Modified: 24 Jan 2018 01:59
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item