PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER PADA SISWA MAN BAUBAU

ASNAH, NIRM. 20100107-00837 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER PADA SISWA MAN BAUBAU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (600kB)

Abstract

ABSTRAK ASNAH, Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Learning Tohether pada Siswa MAN Baubau. (Dibimbing oleh Drs. Abdul Kadir P, M. Pd) Fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa kelas X6 MAN Baubau bersikap pasif ketika pembelajaran di kelas berlangsung. Selama pembelajaran berlangsung siswa menjadi pendengar yang baik. Ketika guru menjelaskan materi pelajaran kebanyakan siswa diam tanpa komentar. Apalagi ketika guru meminta agar siswa bertanya, mereka pun diam. Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas X6 Man Baubau, salah satunya adalah guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional dan banyak didominasi guru. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas X6 MAN Baubau pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dalam kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan, terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Dengan tekhnik pengumpulan data melalui obsevasi, instrumen tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (76,19%), siklus II (88,09%). Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Learning Together (LT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X6 MAN Baubau, dengan ditandai adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu 68,00 dan pada siklus II yaitu 75,20, yang artinya pada siklus II sudah mencapai nilai KKM (70). Selanjutnya pada Standar Ketuntasan Klasikal sebesar 88,00%, fenomena ini menunjukkan bahwa nilai tersebut sudah mencapai diatas Standar Ketuntasan Klasikal yang ditetapkan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak MAN Baubau yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Kadir P, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif dan Learning Together
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 25 Jan 2018 00:52
Last Modified: 25 Jan 2018 00:52
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item