MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 ULU WOLO DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY

JASNA RASYID SUNUSI, NIM. 20100110700822 (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 ULU WOLO DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (321kB)

Abstract

ABSTRAK Jasna Rasyid Sunusi, NIM: 20100110700822. “Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-qur’an Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Ulu Wolo dengan Menerapkan Model Pembelajaran Course Review Horay”. Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, 2011. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ulu Wolo dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay” ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah “untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-qur’an pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ulu Wolo dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Ulu Wolo berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar kemudian hasilnya di analisa dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dalam kegiatan pembelajaran ternyata dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajarnya. Pada pelaksanaan tindakan siklus I aktivitas belajar peserta didik rata-rata mencapai 56,41% dan meningkat pada siklus II menjadi 92,31%. Sedangkan hasil belajar pada tindakan siklus I mencapai ketuntasan 74,29% dan meningkat ketuntasannya pada siklus II menjadi 88,57%. Dari pelaksanaan tindakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran course review horay ini, skenario pembelajaran mencapai ketuntasan 94,74%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) Setiap guru kelas sebaiknya menggunakan model pembelajaran course review horay dalam kegiatan pembelajaran. Karena model pembelajaran course review horay ini dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik; (2) Penggunaan model pembelajaran course review horay membutuhkan waktu yang lebih banyak dalam prosesnya, oleh karena itu guru yang menggunakan model pembelajaran ini harus dapat mengefisienkan waktu dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Kuraedah, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Al-qur’an , Al-qur’an , Pendidikan Agama Islam ,D. Strategi dan Model dalam Pengajaran dan Course Review Horay
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:15
Last Modified: 25 Jan 2018 01:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item