PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI MASALAH BELAJAR DI SMA NEGERI I KAPUNTORI KABUPATEN BUTO

Lisna, NIM; 07010101099 (2012) PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI MASALAH BELAJAR DI SMA NEGERI I KAPUNTORI KABUPATEN BUTO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mayani, Nim 07 010101 099, Pelaksanaan Bimbingan Belajar Pendidikan agama Islam Pada Siswa Yang mengalami Masalah Belajar di SMA Negeri I Kapontori kabupaten Buton, Dosen pembimbing I Dra. Hj.St. Kuraedah dan Pembimbing II La Hadisi S.Ag, M.Pd.I Skripsi ini berjudul pelaksanaan bimbingan belajar pendidikan islam pada sisiwa yang mengalami masalah belajar di SMA Negeri I Kapontori Kabupaten Buton. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar pendidikan islam pada siswa di SMA Negri I Kapontori Kabupaten Buton?. 2. Bagaimana gambaran umum masalah belajar yang di alami siswa di SMA Negri I Kapontori Kabupaten Buton?. 3. Bagaimana bentuk bimbingan belajar pendidikan agama islam bagi siswa yang mengalami masalah belajar di SMA Negri I Kapontori Kabupaten Buton? Pendekatan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan cara obserfasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan bimbingan belajar pendidikan islam dilaksanakan berdasarkan langkah-langkah yaitu: proses indentifikasi siswa yang diduga bermasalah, lokalisasi jenis dan sifat kesulitanya, lokalisasi jenis dan faktor penyebabnya. Melakikan perencanaan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan tindak lanjut. Masalah belajar siswa yang dialami SMA Negeri I kapontori meliputi 2 aspek yaitu masalah belajar yang berkaitan akademik diantaranya siswa belum bisa membaca dan menulis al-qur’an dan sulit mengerti dan memahami terjemahan al-qur’an. Masalah belajar yang berkaitan dengan psikologis misalnya siswa sering gugup dan mengalami kesulitan dalam belajar, sehingga siswa sering absen, selalu terlambat dan suka bolos. Bentuk pelaksanaan bimbingan belajar pendidikan islam pada sisiwa yang mengalami masalah belajar di SMA Negeri I Kapontori adalah melalui peningkatan motivasi belajar sisw, pengembangan sikap dan kebiasaan belajar baik, pengajaran ulang, tutorial, kerja kelompok dan latihan dan penugasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj.St. Kuraedah dan La Hadisi S.Ag, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar PAI, Bimbingan Belajar dan Belajar
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 26 Jan 2018 07:30
Last Modified: 26 Jan 2018 07:30
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item