PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 TOROTAMBI LANGGEA KECAMATAN ABUKI KABUPATEN KONAWE

SITI HIJRIYAH, NIM. 090 101 01 123 (2013) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 TOROTAMBI LANGGEA KECAMATAN ABUKI KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.doc

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (114kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV .doc
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (37kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Hijriyah, NIM. 09 01 01 01 123. “Pengaruh Pemanfaatan Media Gambar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 1 Torotambi Langgea Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe”. ( Dibimbing oleh Dra.Hj. Nurseha Gazali, M. SI dan Aliwar, S.Ag, M.Pd). Pokok permasalahan dalam penelitian adalah apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media gambar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang pendidikan agama Islam Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media gambar pada bidang studi pendidikan agama Islam, prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam, dan seberapa besar pengaruh pemanfaatan media gambar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang pendidikan agama Islam Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe. Objek penelitian ini adalah siswa di SDN 1 Torotambi yang berjumlah 32 orang responden yang terdiri dari kelas II berjumlah 9 orang, kelas III berjumlah 8 orang, kelas IV berjumlah 6 orang dan kelas V berjumlah 9 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X; pemanfaatan media gambar dan variabel Y; prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakkukan dengan cara angke/koesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik dengan pendekatan deskriptif korelasional yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi (persentase), dan analisis inferensial untuk pengujian hipostesis penelitian yaitu analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan media gambar pada bidang studi pendidikan agama Islam, berdasarkan hasil analisis memiliki rata-rata mencapai 67,9 dengan angka persentase sebesar 62,5 % pada interval 81 – 100 yang berarti berada pada ketegori sangat tinggi. Dari 32 siswa responden ternyata prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam memiliki rata-rata mncapai 80,3 dengan angka persentase sebesar 59% berada pada interval 61 – 80 dalam gategori sedang. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media gambar terhadap prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam di SDN 1 Torotambi, diperoleh Ŷ sebesar 69,72 dan rxy = 0,488 dan rtabel =0,296, hal ini berarti rhitung > rtabel ( 0,488>0,296) dan selanjutnya nilai thitung = 3,036 dangan ttabel = 1,697, hal ini pun menunjukkan bahwa thitung > ttabel ( 3,036 > 1,697), maka H1 di terima dan H0 ditolak, dengan Koefisien Determinasi sebesar 23,8% dan sisanya 76,2% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.Hj. Nurseha Gazali, M. SI dan Aliwar, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Prestasi Belajar dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 29 Jan 2018 00:35
Last Modified: 29 Jan 2018 00:35
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item