Peran Guru Agama Islam Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa di SMA Negeri 18 Konawe Selatan

Achmad Anshori Fauzi, NIM. 13010101174 (2017) Peran Guru Agama Islam Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa di SMA Negeri 18 Konawe Selatan. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Achmad Anshori Fauzi, NIM. 13010101174, “Peran Guru Agama Islam Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa di SMA Negeri 18 Konawe Selatan”, Program Studi Pendidikan Agama Islam, dibimbing oleh Dr.Laode Abdul Wahab M.Pd. Minat, bakat, kemampuan dalam segala potensi yang dimiliki oleh siswa tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan oleh seorang guru. Dalam kaitan ini guru memperhatikan sikap siswa secara induvidual, karena antara satu dengan siswa lainnya memiliki perbedaan kepribadian. Memahami uraian diatas, betapa besar jasa guru dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan para siswa, guru memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan kepribadian siswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia serta mensejahterahkan dan memajukan negara. Dalam konteks inilah penulis tertarik untuk mengangkat judul “Peran Guru Agama Islam Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa di SMA Negeri 18 Konawe Selatan”. Adapun masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran Guru Agama Islam sebagai pendidik dalam pengembangan kepribadian siswa?, bagaimanakah peran Guru Agama Islam sebagai pengajar dalam pengembangan kepribadian siswa?, bagaimanakah peran Guru Agama Islam sebagai pembimbing dalam pengembangan kepribadian siswa?, bagaimanakah peran Guru Agama Islam sebagai pelatih dalam pengembangan kepribadian siswa? dan bagaimanakah peran Guru Agama Islam sebagai evaluator dalam pengembangan kepribadian siswa ? Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang akan mengungkapkan secara deskriptif tentang kejadian di lapangan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengungkapkan secara sistematis dan faktual tentang peran guru agama islam dalam pengembangan kepribadian siswa di SMA Negeri 18 Konawe Selatan. Metode pengumpulan data dalam penelitan ini dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara serta dokumentasi yang selanjutnya dilakukan analisis data berdasarkan prosedur kualitatif yaitu reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan/sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan data. Dan dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data melalui bentuk perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, serta member chek. Berdasarkan hasil dan temuan penelitian, terungkap bahwa peran guru Agama Islam dalam pengembangan kepribadian siswa di SMA Negeri 18 Konawe Selatan telah terealisasi. Pernyataan tersebut sesuai dengan temuan penelitian bahwa guru Agama Islam sangat teliti, terampil serta selektif. Hal tersbut dilakukannya dengan berusaha memahami kepribadian siswa yang berbeda dan melakukan pendekatan khusus sesuai dengan bentuk kepribadian siswa. Guru Agama Islam juga terampil dalam pengembangan kepribadian siswa, hal tersebut dilakukannya dengan mendesain pembelajaran menjadi menarik sehingga berdampak positif bagi pengembangan kepribadian siswa. Selain teliti dan terampil, guru Agama Islam juga sangat selektif, hal ini dilakukannya dengan memilih hal-hal yang efektif bagi pengembangan kepribadian siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Laode Abdul Wahab M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru Agama Islam, Kepribadian dan Siswa
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:46
Last Modified: 14 Feb 2018 02:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item