PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Tindakan Pada Siswa Kelas IV MI Asy-syafi’iyah Kendari)

SITI JUARIAH, NIM.13010104031 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Tindakan Pada Siswa Kelas IV MI Asy-syafi’iyah Kendari). Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Siti Juariah NIM : 13010104031 Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Studi Tindakan Pada Siswa Kelas IV MI Asy-syafi’iyah Kendari). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM Matematika yaitu 65. Tingkat persentase keberhasilan hanya mencapai 6,98% dengan nilai rata-rata 40,60. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti berinisiatif untuk membuat inovasi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada Siswa Kelas IV MI Asy-syafi’iyah kendari. Model ini menjadi salah satu pilihan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Asy-syafi’iyah Kendari dengan jumlah siswa 43 orang yang terdiri dari 21 perempuan dan 22 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 2 siklus yang tiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Waktu pelaksanaan pada setiap pertemuan yaitu 3x35 menit, dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan presentase ketuntasan belajar mencapai 70%. Berdasarkan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas IV MI Asy-syafi’iyah Kendari, hasil aktivitas guru siklus I pertemuan pertama 76,92, ketidak aktifan 23,08%, pada pertemuan ke dua aktivitas guru mencapai 84,61%, ketidak aktifan 15,39%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama 88%, ketidak aktifan 12%, pertemuan ke dua 96%, ketidak aktifan 4%. Adapun hasil aktifitas siswa pada siklus I pertemuan pertama 69,23%, ketidak aktifan 30,77%, pertemuan ke dua 84,61%, ketidak aktifan 15,39%. Sedangkan aktifitas siswa pada siklus II pertemuan pertama 88%, ketidak aktifan 12%, pertemuan ke dua 96%, ketidak aktifan 4%. Pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 67,44% dengan nilai rata-rata 62,67. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 70%, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase mencapai 79,07% dengan nilai ratarata 67,20. Melihat hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya maka penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI asy-syafi’iyah kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jumardin La Fua, S. Si., M. Si
Uncontrolled Keywords: NUMBERED HEAD TOGETHER, HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:20
Last Modified: 02 Jul 2018 06:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item