PENINGKATAN KEMAMPUAN HITUNG PECAHAN DESIMAL MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS VI MIN KOLESE KOTA BAUBAU

RASDIANA, NIM. 2010010701100 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN HITUNG PECAHAN DESIMAL MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS VI MIN KOLESE KOTA BAUBAU. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.doc

Download (366kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (105kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (34kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (527kB)

Abstract

ABSTRAK Rasdiana 2010010701100 “Peningkatan Kemampuan Hitung Pecahan Desimal Melalui Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas VI MIN Kolese Kota Baubau”, dibimbing oleh Dra. Fatirah Wahidah, M.Ag Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan hitung pecahan desimal siswa Kelas VI MIN Kolese Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan hitung pecahan desimal siswa Kelas VI MIN Kolese Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Untuk menjawab permasalahan di atas, ada beberapa faktor yang diselidiki yaitu : (1) Siswa : yaitu dengan memperhatikan apakah kemampuan hitung pecahan desimal siswa tergolong kategori rendah, kategori sedang atau kategori tinggi; (2) Guru : yaitu dengan memperhatikan bagaimana persiapan materi pelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik; (3) Pendukung sumber : yaitu apakah sumber pembelajaran yang digunakan dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara : (1) Data tentang kondisi pelaksanaan pembelajaran kaitannya dengan penggunaan lembar observasi; (2) Data tentang prestasi diambil dengan menggunakan tes hasil belajar ; (3) Data tentang refleksi diri dengan menggunakan jurnal. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan, adalah : (1) Penerapan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas VI MIN Kolese pada pokok bahasan Pecahan Desimal Mata Pelajaran Matematika. Rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan matematika realistik dari Siklus I sampai Siklus II menunjukkan adanya peningkatan, dimana rata-rata aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas sebesar 2,58 berkategori cukup, meningkat pada Siklus II dengan peroleh nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,71 dengan kategori sangat baik ; (2) Penerapan Matematika Realistik (PMR) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI MIN Kolese pada pokok bahasan Pecahan Desimal Mata Pelajaran Matematika. Hasil belajar siswa pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata yang diperoleh adalah 66,96. Sedangkan nilai hasil belajar siswa dari hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 53,26 meningkat pada hasil belajar siswa post-test dengan nilai rata-rata 69,13.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Fatirah Wahidah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: HITUNG PECAHAN DESIMAL, Siswa dan Guru
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:00
Last Modified: 07 Aug 2018 07:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item