SITTI AISYAH KADIR, NIM:16040202011 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS NEGERI 1 KOLAKAKABUPATEN KOLAKA. Masters thesis, IAIN Kendari.
|
Text
COVER.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (58kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (513kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : SITTI AISYAH KADIR NIM : 16040202011 JudulTesis: “Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 1 Kolaka Kabupaten Kolaka” Pembimbing : 1. Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I, 2. Dr. Suprianto, MA, PenelitianinitentangimplementasiKurikulum 2013 di kelas VIII MTs Negeri 1 KolakaKabupatenKolaka yang bertujuanuntukmenganalisis dan mendeskripsikanperencanaan, pelaksanaan dan evaluasi/penilaian pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada Kurikulum 2013 di kelas VIII MTs Negeri 1 Kolakaserta hambatan-hambatandan solusi yang dilakukan untuk mengatasihambatantersebut. Penelitian ini adalahpenelitian kualitatif deskriptif untukmemahami fenomenayang dialami oleh informan penelitian. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, analisis data dan penyajian kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjanganpengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 1 telah diimplementasikan denganbaikmelaluitahapan-tahapanperencanaan,pelaksanaan dan evaluasi /penilaian yang sesuaidenganKeputusan MenteriAgama RepublikIndonesia nomor:165 tentangKurikulum 2013tahun 2014 dan implementasiKurikulum 2013 pada matapelajaran Al-Qur’an Hadits. Pelaksanaannyamenggunakanpendekatansaintifikdenganmodel pembelajaranproject based learning, problem based learning dan inquiry/discovery. Pembelajaran tidak berpusat pada guru(teacher sentered) akan tetapi lebih berpusat pada peserta didik (student centered). Penerapan Kurikulum 2013 masihmengalamihambatan-hambatan, baik dalam bentuk sarana dan prasarana maupun pada aspek sumber daya manusia,khususnya kemampuan guru dalam menyusundan penggunaan instrumen-instrumen penilaian. Oleh karena itu, solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah melengkapi sarana prasarana pendidikan dan pengajaran, melakukan penguatan pengetahuanbagi tenaga pendidik melalui workshop, pelatihan, dan pendampingan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits secara berkala dan pemanfaatan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk melakukan pertemuan ilmiah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I, dan Dr. Suprianto, MA, |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pembelajaran dan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 06:20 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 06:20 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1254 |
Actions (login required)
View Item |