Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Katoba (Studi Kasus pada Anak Masyarakat Muna di Kelurahan Puunggolaka Kecamatan Puwatu Kota Kendari)

Muhammad Rechayadi, NIM: 12010101037 (2017) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Katoba (Studi Kasus pada Anak Masyarakat Muna di Kelurahan Puunggolaka Kecamatan Puwatu Kota Kendari). Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Rechayadi,NIM: 12010101037. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Katoba (Studi Kasus pada Anak Masyarakat Muna di Kelurahan Puunggolaka Kecamatan Puwatu Kota Kendari). Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kendari, dibimbing oleh La Hadisi, S.Ag., M.Pd.I. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah proses pelaksanaan tradisi budaya Katoba sebagai wujud penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada anak masyarakat Muna di Kelurahan Punggolaka Kecamatan Puwatu?, berdasarkan perumusan masalkah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan tradisi budaya Katoba sebagai wujud penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada anak masyarakat Muna di Kelurahan Punggolaka Kecamatan Puwatu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu untuk mengamati secara langsung pelaksanaan tradisi budaya Katoba dalam komunitas masyarakat Muna di kelurahan Punggolaka Kecamatan Puwatu Kota Kendari.Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian adalah Imam, Tokoh masyarakat dan orang tua pelaku tradisi budaya Katoba, Analisis Penelitian dilakukan dengan cara deskriptif yang dimaksudkan untuk memaparkan situasi atau peristiwa pelaksanaan tradisi Katoba dan makna pendidikan karakter yang berada di dalamnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan tradisi budaya Katobapada masyarakat Muna di Kelurahan Puungolaka Kecamatan Puwatu Kota Kendari dilakukan pada anak yang berusia antara 10-14 tahun atau pada saat anak bersiap memasuki usia aqil-baligh. Pandangan keluarga terhadap pendidikan karakter dalam pelaksanaan tradisi budaya Katoba dalam perkembangan anak dipengaruhi oleh harapan orang tua pada anaknya agar kelak sang anak dapat memiliki sikap dan perilaku positif dalam menjalani kehidupannya. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan oleh orang tua pada anak dalam pelaksanaan tradisi budaya Katoba antara lain nilai religius, nilai kejujuran, nilai penghormatan, nilai disiplin, nilai tanggung jawab, nilai rendah hati, dan nilai empati. Masyarakat Muna melaksanakan tradisi budaya Katoba, adalah melakukan pendidikan karakter pada anak melalui pengasuhan yang baik, mencontohkan perilaku dan pembiasaan, pemberian penjelasan atas tindakan, yang realistis bagi anak. Masyarakat Muna mengelola lingkungan moral keluarganya melalui pengasuhan yang baik, membentuk hati nurani dan kebiasaan pada anak melalui nasihat, pemberian contoh dengan sikap dan perilaku, serta pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: La Hadisi, S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai dalam Kehidupan, Pendidikan Karakter, Budaya Katoba, Dan Nilai Pendidikan Karakter Anak Masyarakat Muna
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 03 Sep 2018 01:45
Last Modified: 03 Sep 2018 01:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item