POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDIDIK AGAMA ANAK PADA KELUARGA TUKANG OJEK YANG MANGKAL DI KEL. TAMPO KEC. NAPABALANO KAB. MUNA

JISMAN MANGKONA, NIM. 11 01 01 01 080 (2018) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDIDIK AGAMA ANAK PADA KELUARGA TUKANG OJEK YANG MANGKAL DI KEL. TAMPO KEC. NAPABALANO KAB. MUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR FUSTAKA.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jisman Mangkona, NIM: 11 01 01 01 080. Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendidik Agama Anak Pada Keluarga Tukang Ojek Yang Mangkal di Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna. (Dibimbing oleh : Dr. Laode Abdul Wahab. M.Pd dan Abdul Halim,S.Pd, MA. TESOL.) Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua dalam mendidik agama anak pada keluarga tukang ojek yang mangkal di Kelurahan. Tampo Kec. Napabalano Kabupaten Muna? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam mendidik agama anak pada keluarga tukang ojek yang mangkal di Kelurahan Tampo Kec. Napabalano Kabupaten Muna. Jenis penelitiannya adalah kualitatif, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan telaah dokumen. Setelah data-data penelitian terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tukang ojek yang mangkal di Kelurahan Tampo yang cenderung memiliki pola asuh Demokratis dimana Pola asuh ini menempatkan anak sebagai faktor utama dan terpenting dalam pendidikan. Hubungan antara orang tua dan anaknya dalam proses pendidikan diwujudkan dalam bentuk human relationship yang didasari oleh prinsip saling menghargai dan saling menghormati. Hak orang tua hanya memberi tawaran dan pertimbangan dengan segala alasan dan argumentasinya, selebihnya anak sendiri yang memilih alternatif dan menentukan sikapnya. Anak diberi kesempatan mengembangkan kontrol internalnya sehingga sedikit demi sedikit anak berlatih untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Selain itu anak juga dilibatkan dan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam mengatur hidupnya. Sehingga memungkinkan anak dapat belajar secara aktif dalam mengembangkan dan memajukan potensi bawaannya. Serta anak dapat kreatif dan inovatif. Akan tetapi tidak semua pendidikan yang diberikan oleh orang tua harus disajikan dengan demokratis tetapi harus dogmatis seperti penanaman akidah Islam pada anak, harus mengajarkan dengan dogmatis apalagi ketika anak masih kecil. perilaku orang tua yang demokratis dalam mendidik anaknya, yaitu mengutamakan musyawarah dalam keluarga, mengedepankan hubungan saling menghormati, menentukan aturan dan disiplin dengan mempertimbangkan keadaan, perasaan dan pendapat anak serta memberikan alasan yang dapat diterima dan dimengerti oleh anak. Adanya komunikasi dua arah, memperhatikan pendapat dan keinginan anak, serta membimbing dan mengarahkannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Laode Abdul Wahab. M.Pd dan Abdul Halim,S.Pd, MA. TESOL.)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Pendidikan Keluarga.Dan Keluarga Tukang Ojek
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 05 Sep 2018 06:16
Last Modified: 05 Sep 2018 06:16
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item