PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MIN I KENDARI

WA ARLIANI, NIM. 14010104003 (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MIN I KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wa Arliani, NIM.14010104003 “Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadis di MIN I Kendari ” dibimbing oleh Dr. Abdul Kadir P, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Index Card Match. Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran Alqur’anHadis kelas Va MIN I Kendari dan apakah hasil belajar Al-Qur’an Hadis dapat ditingkatkan melalui penerapan metode pembelajaran Index Card Match Kelas Va MIN I Kendari ? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi serta melakukan refleksi, dimana teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Index Card Match dengan lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas guru serta aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase setiap siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 73,95% sedangkan pertemuan kedua mencapai 81,25%. Siklus II pertemuan pertama 91,66% dan pertemuan kedua mencapai 96,87%. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama mencapai 77,17% sedangkan pertemuan kedua mencapai 85,86%. Siklus II pertemuan pertama mencapai 92,39 dan pertemuan kedua mencapai 96,73%. Hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai 53,84% dengan nilai ratarata sebesar 71,19. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 69,23% dengan rata-rata sebesar 74,53. Hasil belajar siswa pada siklus II meningkat secara signifikan yaitu dengan persentase 84.61% dengan nilai rata-rata 84,07. Adapun persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I adalah 15,39% sedangkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 22,21% dan persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus II adalah 57,15%. Kata Kunci ;Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Alqur’an Hadis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir P, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Alqur’an Hadis
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:09
Last Modified: 04 Oct 2018 06:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item