ACHMAD MUBASYIR, NIM : 14010104016 (2018) METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V SDN 9 KEC. LAEYA KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (74kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK ACHMAD MUBASYIR, NIM.14010104016, Judul: Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SDN 9 Laeya Kec,Laeya,Kab.Konawe Selatan, (Dibimbing Oleh: Rasmi,S.Ag, M.Pd ) Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS melalui penerapan metode role playing pada siswa kelas V SDN 9 Laeya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas V pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran Role Playing terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui metode pembelajaran Role Playing ketuntasan siswa hanya mencapai 52% dengan nilai rata-rata 68,12. Kemudian dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 68% dengan nilai rata-rata 72,6. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 80% dengan nilai rata-rata 76,8. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 70,83% dan ktivitas siswa mencapai 70%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 75% dan aktivitas siswa mencapai 85%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 83,33% dan aktivitas siswa mencapai 90%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 95,83% dan aktivitas siswa mencapai 95%. Kata Kunci: Metode Role Playing, Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 Laeya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | : Rasmi,S.Ag, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing, Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 Laeya |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 01:27 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 01:27 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1378 |
Actions (login required)
View Item |