AGUSTIN, Nim. 14010101117 (2018) STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MI BAITUL QUR’AN KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (829kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (255kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Agustin (14010101117) “Strategi Pembinaan Akhlak Siswa di MI Baitul Qur’an Kota Kendari” dibimbing oleh bapak Aliwar, S,Ag., M.Pd. Dalam penelitian ini mengangkat permasalahan: 1) Bagaimana strategi pembinaan akhlak siswa yang diterapkan di MI Baitul Qur‟an Kota Kendari. 2) Apa kendala-kendala dalam pembinaan akhlak siswa di MI Baitul Qur‟an Kota Kendari. 3) Apa usaha yang dilakukan dalam menanggulangi kendala-kendala dalam pembinaan akhlak siswa di MI Baitul Qur‟an Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi MI Baitul Qur‟an Kendari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dilakukan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembinaan akhlak siswa yang diterapkan di MI Baitul Qur‟an Kendari dilakukan melalui beberapa kegiatan. Diantaranya yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat, hukuman, dan perhatian. Adapun pembinaan akhlak melalui keteladanan dilakukan melalui keteladanan dalam berpakaian, pembiasaan dilakukan melalui program tahfizh qur‟an, hafalan juz „amma, mengaji, budaya 5S (senyum, salam, salim, sopan dan santun), sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, kebersihan, nasihat dilakukan melalui pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas, hukuman yang diberikan dalam hal ini adalah hukuman yang mendidik seperti ketika ada siswa yang tidak menyetorkan hafalan Al-Qur‟an maka hukuman yang diberikan yaitu berdiri sambil menghafal Al-Qur‟an, perhatian dilakukan melalui pemberian bimbingan belajar Al-Qur‟an. Kendala-kendala dalam pembinaan akhlak siswa di MI Baitul Qur‟an Kendari terdiri dari faktor internal yang meliputi faktor dari siswa dan faktor eksternal meliputi faktor dari orang tua dan faktor dari Lingkungan. Usaha-usaha yang dilakukan dalam menanggulangi kendala-kendala penerapan strategi pembinaan akhlak siswa di Mi Baitul Qur‟an Kendari yaitu untuk faktor dari siswa usahanya dengan kerjasama dari santri dan komunikasi langsung dengan orang tua, untuk faktor orang tua yaitu dengan menjaga komunikasi yang baik antara guru dan orang tua, dan untuk faktor lingkungan yaitu dengan kerjasama antara guru dan orang tua, serta pengawasan yang baik dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Aliwar, S,Ag., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembinaan Akhlak, |
Subjects: | Ahlak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 01:34 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 01:34 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |