DARNIATI POLINGAI, NIM : 14010101068 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT PADA SISWA KELAS XI.B2 PEMASARAN SMK NEGERI 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (74kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK DARNIATI POLINGAI. 14010101068. “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Pada Siswa Kelas XI.B2 Pemasaran SMK Negeri 1 Kendari, melalui bimbingan Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran kooperatif tipe Script dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas XI.B2 Pemasaran SMK Negeri 1 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.B2 Pemasaran SMK Negeri 1 Kendari dengan jumlah siswa 36 orang, siswa laki-laki sebanyak 11 orang dan siswa perempuan sebanyak 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan 2x pertemuan. Waktu pelaksanaan setiap pertemuan yaitu 2x45 menit, setiap pertemuan ke 2 di masing-masing siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Kendari berada pada kategori baik. Hasil tersebut ditunjukkan oleh adanya peningkatan pada hasil belajar PAI siswa kelas XI.B2 Pemasaran di SMK Negeri 1 Kendari. Ketercapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Nilai rata-rata pra siklus sebesar 68,55 dan ketuntasan belajar mencapai 52,77%. Setelah tindakan siklus I, ketuntasan belajar menjadi 63,88% dengan nilai rata-rata 72,22. Setelah siklus II, ketuntasan belajar menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata 79,23. Adapun peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 21,05 dari pra siklus ke siklus II sebesar 57,91 dari siklus I ke siklus II sebesar 30,44. Peningkatan tersebut menunjukkan adanya dampak model pembelajaran kooperatif tipe script terhadap hasil belajar PAI siswa di kelas tersebut. Kata kunci : Hasil belajar, Kooperatif tipe Script
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Kooperatif tipe Script |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 03:20 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 03:20 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1449 |
Actions (login required)
View Item |