Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama (PAI)Melalui Metode Jigsaw Learning pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Tababu Kec. Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur

Muji Nur Maskum, Muji Nur Maskum (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama (PAI)Melalui Metode Jigsaw Learning pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Tababu Kec. Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
PERPUSTAKAAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui l metode jigsaw learnig pada siswa kelas V SDN 1 Tababau Kec. Tirawuta Kab. Kolaka timur. Masalah yang dikemukakan dari penelitian ini adalah apakah penerapan metode jigsaw learnig dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V SDN I Tababu Kec. Tirawuta Kab. Kolaka Timur?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN I Tababu, penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi berulang sampai 2 siklus. Teknik pengumpulan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar dengan indikator kinerja ditetapkan bahwa jika mencapai 70% dan telah mencapai nilai 65 baru dinyatakan tindakan berhasil. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Hasil belajar PAI siswa kelas V SDN 1 Tababu sebelum tindakan memperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 25% dengan rata-rata sebesar 43,75. dan setelah tindakan siklus I persentase ketuntasan belajar mencapai 60% dengan nilai rata-rata 62%. Ketuntasan belajar setelah siklus II mencapai 85% dengan nilai rata-rata 75,5%. Kenaikan persentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 70%. 2. Penggunaan metode pembelajaran jigsaw learnig pada mata pelajaran PAI siswa kelas V SDN 1 Tababu dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan sesuai prosedur tindakan penelitian yaitu yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktifitas siswa dan guru yang dilaksanakan selama dua siklus. Pada aktivitas guru siklus I mencapai 70% pada pertemuan pertama sementara pertemuan ke dua mencapai 85% dan. Aktifitas siswa pada siklus I mencapai 65% pada pertemuan pertama sementara di pertemuan ke dua mencapai 80%, Adapun pada siklus II hasil aktifitas guru dan siswa terjadi peningkatan. Aktifitas guru pada siklus II mencapai 90% pada pertemuan pertama, sedangkan pertemuan ke dua mencapai 95% sedangkan aktifitas siswa siklus II mencapai 85% pada pertemuan pertama, sedangkan pertemuan ke dua mencapai 90%. 3. Penerapan metode pembelajaran jigsaw learnig dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN 1 Tababu dapat ditingkatkan hal ini di lihat dari obsevasi awal dimana ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 25% dan pada siklus I meningkat menjadi 60% walaupun hal ini belum memenuhi setandar ketuntasan KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85%, hal ini telah memenuhi indikator keberhasilan dan standar KKM yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar dan Metode Jigsaw Learning
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 18 Dec 2018 07:20
Last Modified: 18 Dec 2018 07:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item